Bertemu Anies, Demokrat Ingin Segera Deklarasi Koalisi Perubahan

Demokrat ingin segera deklarasi koalisi

Jakarta, IDN Times — Partai Demokrat mendatangi kediaman eks Gubernur DKI Anies Baswedan di Lebak Bulus, Jakarta pada hari ini, Jumat (27/1/2023).

Mewakili partai, hadir Sekjen DPP Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya dan beberapa petinggi partai lainnya. Dalam kesempatan itu, Teuku menyampaikan keinginan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang ingin segera mendeklarasikan koalisi untuk 2024.

Baca Juga: Demokrat Desak Koalisi Perubahan Segera Diumumkan, Anies Jadi Capres

1. Demokrat setuju dukung Anies jadi capres

Bertemu Anies, Demokrat Ingin Segera Deklarasi Koalisi PerubahanPartai NasDem, Demokrat, dan PKS kembali melakukan pertemuan guna membahas cawapres di kediaman Anies Baswedan. (Dok/NasDem)

Teuku menegaskan bahwa partainya sudah membulatkan suara mendukung Anies Baswedan sebagai bakal capres di 2024. Hal itu juga sebelumnya telah disuarakan oleh AHY langsung.

“Alhamdulilah ketum Mas AHY telah menyampaikan posisinya secara terang benderang untuk mengusung Pak Anies sebagai capres 2024. Harapan kami adalah 3 partai segera menandatangani dukungan untuk Pak Anies sebagai calon presiden,” kata Teuku di Jakarta.

Baca Juga: AHY Minta Koalisi Perubahan Segera Deklarasi, NasDem: Kita Tunggu!

2. Demokrat ingin segera bangun koalisi

Bertemu Anies, Demokrat Ingin Segera Deklarasi Koalisi PerubahanKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bertemu dengan Gubernur Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta pada Kamis (6/5/2021). (IDN Times/Aryodamar)

Teuku mengatakan bahwa pihaknya saat ini menginginkan koalisi segera terbangun antara Partai NasDem, PKS, dan Partai Demokrat sebagai koalisi perubahan. Pasalnya Partai Demokrat masih belum memenuhi presidential threshold 20 persen untuk mengusung bakal capres dan cawapres.

“Ini yang sedang kami terus dorong kami juga yakin NasDem dan PKS akan menyegerakan itu karena yang paling penting adalah deklarasi yang 20 persen PT ini,” ujar Teuku.

3. Butuh dukungan rakyat

Bertemu Anies, Demokrat Ingin Segera Deklarasi Koalisi PerubahanAnies Baswedan dan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di kediaman Anies. (Dok/Demokrat)

Lebih lanjut Teuku mengatakan butuh dukungan rakyat untuk menjalin Koalisi Perubahan. Saat ini, dia mengaku masih menunggu dukungan rakyat untuk membangun koalisi tersebut.

“Menurut kami deklarasi yang paling penting adalah deklarasi 20 persen dan kemudian diglorifikasi. Artinya deklarasi nasional harus dilakukan oleh rakyat pendukung perubahan,” tuturnya.

Baca Juga: Ditanya Koalisi dengan Anies, AHY: Saya Merasa Punya Chemistry

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya