[BREAKING] Hasyim Asy’ari Jadi Ketua KPU: Kita Mulai dengan Bismillah

Hasyim mengaku kewenangannya terbatas

Jakarta, IDN Times - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) periode 2022-2027, Hasyim Asy’ari, menyampaikan beberapa pesan dalam pidato serah terima jabatannya di kantor KPU, Selasa (22/4/2022).

Hasyim mengatakan pihaknya bakal memulai jabatan tersebut dengan mengucap "bismillah" meminta ridho Allah SWT.

“Karena segala langkah kita harus dimulai dengan bismillah, memuji meminta berkah dari Allah SWT, supaya langkah-langkah kita dimudahkan,” kata Hasyim.

Dia menyinggung soal kewenangannya yang terbatas, karena jabatan yang diamanatkan kepadanya hanya bersifat sementara.

“Bahwa kita sesungguhnya berasal dari Tuhan dan suatu ketika akan kembali kepada Tuhan. Demikian kekuasaan, kewenangan, otoritas yang diberikan kepada kita semua ada batasnya,” ucap dia.

Lebih lanjut, Hasyim mengatakan, ia akan membangun KPU dari internal, dan memperbaiki KPU yang sudah dibangun generasi terdahulu. Pihaknya bakal mewarisi nilai-nilai KPU yang dianggap baik, dan melalukan pembaharuan bila diperlukan.

“Tidak ada sesuatu yang sudah dibangun oleh generasi sebelumnya kita tinggalkan, justru kita adopsi yang baik dan kita kembangkan untuk masa depan, dalam konteks kepemiluan adalah memperbaiki mekanisme tata kerja supaya pemilu kita tetap terjaga integritasnya,” tutur dia.

Sebagai informasi, ada tujuh komisioner KPU yang telah dilantik Presiden Joko “Jokowi” Widodo. Hasyim adalah satu dari tujuh komisioner yang baru saja dilantik.

Enam komisioner KPU lainnya yang akan membantu Hasyim adalah Betty Epsilon Idroos, Mochammad Afifuddin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik, dan August Mellaz.

Baca Juga: Jokowi Lantik Komisioner KPU-Bawaslu Periode 2022-2027 Hari Ini

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya