Canda Sandiaga di Forum Pemred: Saya Pengalaman Ngomong Pakai Timer

Sandiaga sebut berpengalaman bicara dibatasi waktu

Jakarta, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berkelakar tentang dirinya yang berpengalaman berbicara menggunakan durasi waktu atau timer.

Hal itu dia sampaikan saat menjadi pembicara HUT ke-10 Forum Pemred, Jakarta, Jumat (5/8/2022). Saat menjadi pembicara, Sandiaga diberikan waktu sekitar enam menit.

Sandiaga kemudian menyinggung moment saat dia menjadi cawapres dalam kontestasi politik 2019. Saat itu, setiap pasangan calon presiden diberikan waktu untuk berbicara.

Baca Juga: Anies Bicara Demokrasi hingga Polarisasi di Forum Pemred

1. Sandiaga sebut berpengalaman bicara dibatasi waktu

Canda Sandiaga di Forum Pemred: Saya Pengalaman Ngomong Pakai TimerMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno (kedua kiri) didampingi Direktur Teknik PT Angkasa Pura I (Persero) Lukman F. Laisa (kiri) meninjau area Terminal Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Minggu (27/12/2020) (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Sandiaga menyebut dirinya berpengalaman berbicara dengan durasi waktu. Dia menyebut dirinya sudah dua kali mengikuti kontestasi politik pada 2017 dan 2019, saat menjadi cawagub DKI Jakarta, dan cawapres mendampingi Prabowo Subianto.

“Ini pengalaman nih kita semua dimenitin gini. Karena dua kali saya mengikuti kontestasi demokrasi di Indonesia. Riuh rendahnya 2017, hiruk pikuk luar biasa 2019, apalagi,” kata dia.

2. Sandiaga singgung inovasi demokrasi dalam Pilpres 2019

Canda Sandiaga di Forum Pemred: Saya Pengalaman Ngomong Pakai TimerSejumlah tokoh hadiri acara ulang tahun ke-10 Forum Pemred (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sandiaga juga menyinggung inovasi dalam iklim demokrasi Indonesia, di mana dia yang awalnya merupakan lawan tanding Jokowi-Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019, kemudian ikut bergabung dalam pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.

Kondisi itu, kata Sandiaga, membuatnya semakin cinta Tanah Air.

“Tapi ini meningkatkan rasa cinta saya pada Indonesia. Bahwa demokrasi kita perlu menjadi salah satu cara berinovasi,” ujar dia.

Baca Juga: Hadiri HUT ke-10 Forum Pemred, Jokowi Minta Jurnalis Perangi Hoaks

3. Jokowi undang Prabowo dan Sandiaga masuk kabinet disebut terobosan

Canda Sandiaga di Forum Pemred: Saya Pengalaman Ngomong Pakai TimerMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno di Forum Pimred, Jakarta, Jumat (5/6/2022). (IDN Times/Melani Putri)

Sandiaga melanjutkan, undangan dari Presiden Joko “Jokowi” Widodo untuk Prabowo Subianto dan dirinya masuk kabinet adalah sebuah inovasi matang dalam iklim demokrasi.

Jokowi juga disebut melakukan terobosan baru di dunia di mana mengundang lawan yang harusnya jadi oposisi, menjadi kawan dalam kabinet.

“Inovasi Pak Jokowi mengundang Pak Prabowo dan saya ke dalam kabinet ini merupakan suatu terobosan. Mungkin yang pertama di dunia dalam demokrasi dan di sini lah kebersamaan bisa kita timbulkan,” tutur Sandiaga.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya