Charta Politika: Prabowo Unggul di Jabar, Ganjar di Sumut dan Kaltim

Ganjar unggul di Sumut dan Kaltim

Jakarta, IDN Times — Lembaga Survei Charta Politika merilis hasil survei elektabilitas tokoh untuk Pilpres 2024 di beberapa daerah. Daerah terpilih mengikuti hasil survei yakni Jawa Barat, Sumatra Utara, dan Kalimantan Timur.

Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto menurut survei tersebut unggul di Jawa Barat. Sementara Ganjar Pranowo unggul di Sumatra Utara dan Kalimantan Timur.

Survei digelar pada 20-27 September 2022 melibatkan 1.200 responden yang diwawancarai tatap muka. Margin of error 2,83 persen.

1. Prabowo unggul di Jabar

Charta Politika: Prabowo Unggul di Jabar, Ganjar di Sumut dan KaltimANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Prabowo unggul di Jabar dengan elektabilitas 31,1 persen, disusul oleh Anies baswedan 19,1 persen, dan Ridwan Kamil 18,3 persen.

“Pada simulasi 10 nama, Prabowo Subianto mendapatkan elektabilitas tertinggi di Jawa Barat,” kata Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya, dalam keterangan tertulis, Sabtu (23/10/2022).

Ganjar Pranowo berada di urutan ke empat dengan elektabilitas 16,8 persen, disusul Ketum Golkar Airlangga Hartarto 3,2 persen.

Nama lainnya yakni Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di peringkat ke enam dengan 2,1 persen, Sandiaga Uno 1,7 persen, Puan Maharani 1,2 persen, Erick Thohir 0,7 persen, dan Khofifah Indar Parawansa 0,1 persen.

Baca Juga: PSI Diingatkan Tata Krama Politik Usai Deklarasikan Ganjar Jadi Capres

2. Ganjar unggul di Sumatra Utara

Charta Politika: Prabowo Unggul di Jabar, Ganjar di Sumut dan KaltimGubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wasesa)

Meski kalah di Jawa Barat, elektabilitas Ganjar Pranowo lebih mentereng di Sumatra Utara.

Dia unggul di posisi pertama dengan elektabilitas 26,8 persen, disusul Anies Baswedan 24,3 persen, Prabowo Subianto 22,9 persen, dan AHY 5,6 persen.

“Ganjar mendapat elektabilitas tertinggi di Sumut,” kata Yunarto.

Sejumlah nama lainnya mendapatkan elektabilitas cukup rendah seperti Sandiaga Uno 3,9 persen, Ridwan Kamil 3,5 persen, Puan Maharani 2,5 persen, Airlangga Hartaro 1 persen, Khofifah Indar Parawansa 0,6 persen, dan Erick Thohir 0,4 persen.

3. Ganjar juga unggul di Kaltim

Charta Politika: Prabowo Unggul di Jabar, Ganjar di Sumut dan KaltimGubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (IDN Times/Ilman)

Sementara nama Prabowo masih stagnan di posisi ketiga untuk elektabilitasnya di wilayah Kalimantan Timur. Provinsi ini juga masih diungguli oleh Ganjar Pranowo 26,6 persen.

Kemudian Anies Baswedan 25,3 persen, dan Prabowo Subianto 23,8 persen.

Nama AHY meski berada di lima besar hanya mendapat elektabilitas 3,8 persen, beda tipis dengan Sandiaga Uno 3 persen.

 

Baca Juga: Survei: Elektabilitas Ganjar dan Anies Melejit, Prabowo Stagnan

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya