Comscore Tracker

Dasco Sebut Gerindra Sudah Kantongi Nama Capres-Cawapres, Ada Prabowo?

Prabowo akan ditanya kesiapannya berlaga di Pilpres

Jakarta, IDN Times — Ketua DPP Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya baru mengantongi satu nama untuk diusung sebagai calon presiden dalam kontestasi Pilpres 2024 mendatang.

Dasco mengatakan, sejauh ini Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra hanya mengusulkan satu nama untuk diusung sebagai capres, yakni Prabowo Subianto.

“Kalau sampai saat ini cuman ada calon tunggal saja dari partai Gerindra yang diusulkan oleh dewan pimpinan daerah yang mewakili kader di seluruh Indonesia,” kata Dasco saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (5/7/2022).

1. Prabowo bakal ditanya kesiapannya berlaga di Pilpres

Dasco Sebut Gerindra Sudah Kantongi Nama Capres-Cawapres, Ada Prabowo?Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Dasco menjelaskan, ada mekanisme pemilihan capres di dalam Partai Gerindra. Dalam partai berlogo kepala burung garuda ini, pembahasan kandidat capres akan dilakukan dalam forum setingkat musyawarah nasional seperti Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas).

Saat Rapimnas Gerindra mendatang, Dasco mengatakan para kader akan menanyakan kesiapan Ketum Prabowo Subianto untuk maju kembali dalam laga Pilpres 2024.

“Dalam Rapimnas itu akan ditanyakan kepada pak Prabowo tentang kesediaannya dicapreskan oleh partai Gerindra,” ujar Dasco.

Rapimnas Gerindra sendiri diagendakan bakal berlangsung pada akhir Juli ini.

Baca Juga: PKB-Gerindra Belum Bisa Disebut Koalisi, Arah Politik Potensi Berubah

2. Cawapres bakal dibahas setelah Rapimnas

Dasco Sebut Gerindra Sudah Kantongi Nama Capres-Cawapres, Ada Prabowo?Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri depan) saat menyambut kedatangan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (kanan depan) di Kertanegara, Jakarta Selatan, Sabtu (18/6/2022) malam. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj.)

Sementara untuk cawapres, Gerindra akan membahasnya terpisah setelah menentukan kandidat capres dalam Rapimnas.

“Dalam Rapimnas nanti hanya akan diumumkan soal capres saja,” ujar Dasco.

Dasco menambahkan, pihaknya sudah mengantongi nama cawapres yang akan diduetkan dengan capres terpilih dari Gerindra. Namun, dia tak menyebut siapa kandidatnya.

“Sesuai ketentuan, hal ini (cawapres) akan dibicarakan setelah Rapimnas, walaupun namanya sudah dikantong,” ucap Dasco.

3. Rapimnas Gerindra akan bahas koalisi

Dasco Sebut Gerindra Sudah Kantongi Nama Capres-Cawapres, Ada Prabowo?Ilustrasi pasangan Prabowo Subianto-Puan Maharani (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Selain membahas soal capres-cawapres, Gerindra juga akan membahas kelanjutan koalisi dalam Rapimnas mendatang.

Sejauh ini, Gerindra memiliki sinyal positif berkoalisi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di 2024. Keduanya menamai koalisi ini dengan Kebangkitan Indonesia Raya.

“Kalau untuk Rapimnas koalisi tentu akan kita bahas dengan partai-partai tentunya,” tuturnya.

Baca Juga: Makin Mantap ke Gerindra, PKB Pasang Foto Prabowo-Cak Imin di Angkot

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya