Demokrat-Nasdem Kian Erat, Surya Paloh Minta AHY Tak Buru-buru Koalisi

Setelah tiga kali pertemuan belum ada koalisi

Jakarta, IDN Times — Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkap isi pertemuan dengan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh di Gondangdia, Jakarta Pusat, Kamis (23/6/2022).

AHY mengatakan sudah tiga kali bertemu dengan Surya Paloh di Nasdem. Dia mengklaim sudah memiliki hubungan yang nyaman dan terjalin komunikasi kuat antara keduanya.

“Saya pastikan di sini hubungan kami lebih terasa nyaman, semakin hari semakin kuat dan juga lebih terbuka, dalam arti kita bisa membedah lebih leluasa dinamika politik hari ini,” kata AHY.

1. Nasdem-Demokrat bicara masa depan politik

Demokrat-Nasdem Kian Erat, Surya Paloh Minta AHY Tak Buru-buru KoalisiKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tiba di Nasdem Tower, Kamis (23/6/2022). (IDN Times/Melani Putri)

AHY mengatakan dalam perbincangannya dengan Surya Paloh, pihaknya sudah membicarakan masa depan politik menuju Pemilu 2024.

Pembicaraan itu juga terkait dengan strategi dua partai politik in ke depannya dalam usaha memenangkan Pemilu serentak.

“Ini seperti membangun kembali, bukan hanya nostalgia atau kebersamaan dan sejarah, tapi yang kami senang adalah tidak hanya reprospektif masa lalu tapi juga kami membicarakan lebih banyak masa depan,” ujar AHY.

“Insyalah itu yang akan menguatkan dan menggerakkan kami ke depan,” sambung dia.

2. Demokrat terima hasil rakernas Nasdem

Demokrat-Nasdem Kian Erat, Surya Paloh Minta AHY Tak Buru-buru KoalisiKetua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di JCC, Jakarta Pusat, Rabu (15/6/2022). (IDNTimes/Melani Putri)

Dalam kesempatan itu, AHY juga menyampaikan menerima hasil Rakernas Nasdem yang telah menghasilkan tiga nama kandidat untuk diusung sebagai capres.

Tiga nama kandidat itu yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Andika Perkasa.

“Tadi saya juga sampaikan ke Pak Surya Paloh, saya ucapkan selamat, Rakernas berjalan sukses. Kami hormati hasilnya,” kata AHY.

Baca Juga: Demokrat Sambangi NasDem Lagi Besok, Jadi Koalisi di 2024?

3. Belum ada kesepakatan koalisi

Demokrat-Nasdem Kian Erat, Surya Paloh Minta AHY Tak Buru-buru KoalisiSusilo Bambang Yudhoyono (SBY) mendampingi Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat berkungjung ke Nasdem Tower untu bertemu dengan Surya Paloh. (Dok/Istimewa)

AHY mengatakan belum ada kesepakatan koalisi dengan Nasdem dan parpol lainnya. Dia mengulang pernyataan Surya Paloh yang meminta untuk tidak berburu-buru dengan pembentukan koalisi.

“Saya rasa kita ingin meyakinkan terlebih dahulu, kalau Pak Surya mengatakan buat apa buru-buru kemudian bubar. Lebih baik enjoy the proses. Kita senang makin lama makin hangat makin harmonis,” tuturnya.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya