Deretan Cawapres yang Cocok Berduet dengan Anies di 2024

Prabowo, AHY, Puan Maharani, disebut bisa duet dengan Anies

Jakarta, IDN Times — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan disebut sebagai magnet politik oleh beberapa pengamat. Hal itu bukan tanpa sebab, pasalnya Anies memang mengundang banyak elite politik untuk mendekat jelang Pilpres 2024. Nama Anies bahkan masuk dalam kandidat yang diusung Partai NasDem untuk maju ke kursi Pilpres 2024.

Anies juga memiliki elektabilitas yang cenderung lebih tinggi ketimbang tokoh lainnya seperti Prabowo Subianto, Airlangga Hartarto, Puan Maharani, dan Agus Harimurti Yudhoyono.

Belakangan, muncul kabar kedekatan Anies dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) usai Citayem Fashion Week. Kedekatan keduanya memunculkan persepsi untuk duet di 2024 nanti.

Selain RK, beberapa tokoh juga disebut-sebut bisa menemani Anies maju di Pilpres 2024.

1. Anies-AHY menurut survei Indopol Juli 2022

Deretan Cawapres yang Cocok Berduet dengan Anies di 2024Ketua Umum Partai Demokrat Agus Yudhoyono (AHY) ketika menemui Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI pada 5 Mei 2021 (ANTARA FOTO/M. Risyal Hidayat)

Survei Indopol menyebut simulasi duet Anies dan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menduduki posisi tertinggi.

Menurut survei yang dilakukan pada 24 Juni-1 Juli 2022 itu, Anies-AHY mendapat elektabilitas tertinggi dari calon lainnya seperti poros PDIP, poros Gerindra-PKB, dan poros NasDem-Demokrat-PKS.

“Pasangan Anies-AHY menempati posisi yang teratas dengan 34,72 persen. Meskipun kemudian yang belum menjawab masih banyak yaitu 36,50 persen,” kata Direktur Indopol Ratno Sulistiyanto.

Baca Juga: Kabar JK Tak Dukung Anies di Pilpres 2024, NasDem Merespons

2. Prabowo-Anies menurut survei IPO

Deretan Cawapres yang Cocok Berduet dengan Anies di 2024Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (tengah) (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Lembaga Survei Indonesia Political Opinion (IPO) dalam rilis surveinya pada Juni lalu menyebut duet Ketum Gerindra Prabowo Subianto dengan Anies Baswedan dipilih mayoritas responden.

IPO membuat 6 skema pilihan pasangan capres dengan masing-masing skema diisi 3 pasangan calon.

“Kalau dari seluruh skema, perolehan suata tertinggi ada di Prabowo-Anies Baswedan 36,8 persen,” kata Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah.

Baca Juga: Isi Perbincangan AHY-Surya Paloh di Acara Nikahan Anak Anies Baswedan

3. Duet dengan Puan Maharani hingga Andika Perkasa

Deretan Cawapres yang Cocok Berduet dengan Anies di 2024IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Selain dengan dua tokoh sebelumnya, Anies juga dinilai bakal mulus melanggeng maju ke kursi pilpres 2024 jika diduetkan dengan Ketua DPR RI Puan Maharani atau Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Berdasarkan hasil survei CPCS pada Mei lalu, pasangan Anies-Puan unggul dalam simulasi pilpres. Selain Puan, tokoh Andika Perkasa juga dinilai bisa membawa Anies pada kemenangan.

“Pasangan Anies-Andika bisa menjadi alternatif yang menarik untuk diusung oleh partai-partai politik,” kata Direktur Eksekutif CPCS Tri Okta.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya