Dinilai Berhasil, Puan Terima Standing Ovation di Penutupan Sidang IPU

Presiden IPU sampaikan terima kasih ke Puan

Jakarta, IDN Times - Ketua DPR RI Puan Maharani menerima apresiasi dari delegasi negara asing saat menutup Sidang Majelis ke-14 Inter-Parliamentary Union (IPU) di Bali International Convention Center (BICC), Nusa Dua, Bali, Kamis (24/3/3022). Pidato penutupan Puan disambut para delegasi asing yang berdiri dan memberi tepuk tangan meriah (standing ovation).

Para delegasi parlemen dari berbagai negara itu, menilai Indonesia berhasil menyelenggarakan acara terbesar forum parlemen dunia. Hasil pertemuan itu menyepakati resolusi damai dan Deklarasi Nusa Dua.

Dalam Sidang Majelis ke-144 IPU yang dipimpin Puan, hampir seluruh delegasi naik ke atas podium. Beberapa di antaranya perwakilan dari kelompok geopolitik Asia Pasifik, Amerika Latin, dan Karibia.

Baca Juga: Puan Maharani Sebut Indonesia Pimpin Isu Perempuan dalam IPU ke-144

1. Presiden IPU sampaikan terima kasih ke Puan

Dinilai Berhasil, Puan Terima Standing Ovation di Penutupan Sidang IPUKetua DPR RI Puan Maharani (dok. Pribadi/Puan Maharani)

Presiden IPU Duarte Pachecho yang pada saat itu berdiri di samping Puan, turut memberikan apresiasi berupa standing ovation. Pachecho pada awal sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Puan.

“Dari lubuk hati saya yang terdalam, terima kasih Ibu Ketua (Puan). Saya mungkin mewakili seluruh delegasi yang ada di sini, terima kasih. Kami mungkin dapat menggunakan kata-kata yang lain, tapi maknanya sama,” kata Pachecho dilansir ANTARA, Jumat (24/3/2022).

2. Presiden IPU sebut panitia asal Indonesia menyambut delegasi dengan baik

Dinilai Berhasil, Puan Terima Standing Ovation di Penutupan Sidang IPUKetua DPR dari fraksi PDI Perjuangan, Puan Maharani (IDN Times/Irfan Fatthurohman)

Selain itu, dia juga turut menyampaikan terima kasih kepada delegasi parlemen Indonesia, staf, dan panitia yang membantu penyelenggaraan Sidang Majelis ke-144 IPU pada 20-24 Maret 2022 di Bali.

Dia mengaku mendapat sambutan hangat, dan keramahan para staf selama acara berlangsung.

"Mereka menyambut kami dengan baik, memperlakukan kami seperti saudara, sehingga hari-hari kami di sini tidak terasa berat meskipun kami harus bekerja keras,” ujar Pachecho.

3. Puan banyak terlibat dalam persiapan IPU

Dinilai Berhasil, Puan Terima Standing Ovation di Penutupan Sidang IPUIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Dalam Sidang Majelis ke-144 IPU, Puan terjun langsung ke lapangan untuk mempersiapkan kongres parlemen sedunia itu. Menurut pengakuan Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR, Gilang Dhiela Fararez, Puan selalu menanyakan secara langsung kebutuhan para delegasi.

“Jika ada kekurangan, feel free menyampaikan kepada panitia. Hal-hal kecil seperti itu mendapat respons hangat,” kata Gilang.

Puan juga disebut-sebut ikut mengawasi persiapan Sidang Majelis ke-144 IPU sampai ke urusan teknis. Bentuk pengawasan Puan seperti pemilihan lampu di lokasi acara dan tampilan berbagai instalasi yang dipasang, salah satunya aneka tanaman khas Indonesia.

Hal itu juga diakui General Manager The Westin Resort Nusa Dua & BICC Oriol Montal yang menyampaikan hal serupa. Menurutnya, Puan langsung turun ke lokasi acara dan memberikan arahan secara mendetail.

“Beliau sangat profesional, seluruh tim kami banyak belajar dari Beliau. Ibu Puan selalu menyampaikan secara jelas apa yang ia harapkan, sehingga membantu kerja tim mempersiapkan acara ini,” tuturnya.

Baca Juga: IPU ke-144 Bakal Digelar di Bali, Fokus Bahas Isu Climate Change 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya