Disinggung Cawapres dari NU, NasDem Akui Belum Punya Nama Calon

NasDem mengaku belum punya nama bakal cawapres Anies

Jakarta, IDN Times - Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya mengaku pihaknya belum memiliki nama figur bakal cawapres untuk mendampingi Anies Baswedan maju dalam Pilpres 2024. 

Hal itu dia sampaikan merespons pertanyaan apakah cawapres Anies mempertimbangkan kader dari Nadhlatul Ulama (NU). 

Baca Juga: Demokrat Ngotot Ingin AHY Jadi Cawapres Anies, Nasdem: Ini Bukan Utang

1. Pilihan cawapres ada tangan Anies bersama tim kecil

Disinggung Cawapres dari NU, NasDem Akui Belum Punya Nama CalonPertemuan Anies Baswedan dengan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono di rumah Anies, Selasa (21/3/2023). (dok. Partai Demokrat)

Willy menyampaikan pilihan untuk cawapres Anies ditetapkan oleh Anies sendiri dengan berdiskusi bersama tim kecil. Terkait cawapres dari kader NU, Willy mengaku secara umum belum punya nama.

"Pak Surya (Ketum NasDem) sudah menyerahkan kepada Mas Anies. Mas Anies sudah menyerahkan kepada tim kecil untuk ngubek-ngubek, tim kecilnya ya ngobrol, bahas beberapa. Tapi belum memang spesifik ke nama," ujar Willy di Senayan, Rabu (22/3/2023).

Baca Juga: Hashim: Meski Koalisi, Cak Imin Tak Mutlak Jadi Cawapres Prabowo

2. NasDem juga dengar aspirasi kader Demokrat yang usulkan AHY cawapres

Disinggung Cawapres dari NU, NasDem Akui Belum Punya Nama CalonKetua DPP NasDem Willy Aditya. (IDNTimes/Melani Putri)

Sejumlah kader Demokrat sebelumnya menyodorkan nama Ketum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai cawapres Anies Baswedan. Usulan Partai Demokrat itu sebelumnya digaungkan oleh sejumlah kader Demokrat seperti Hinca Pandjaitan dan Irwan Fecho.

“Ingat apa materi yang disampaikan oleh Partai Demokrat saat mendeklarasikan Mas Anies. Ingat saja itu poinnya,” kata Willy.

“Poin deklarasi NasDem, poin deklarasi Demokrat, poin deklarasi PKS, tiga-tiganya memberikan kewenangan kepada Mas Anies untuk menentukan cawapres. Terus kenapa kemudian yang ‘gak gatel’ digaruk,” sambung Willy.

Baca Juga: Hasil Musra XXI Relawan Jokowi: Prabowo Capres, Ganjar Cawapres

3. NasDem tak mau buru-buru tetapkan cawapres Anies

Disinggung Cawapres dari NU, NasDem Akui Belum Punya Nama CalonIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Willy juga mengaku tak mau terburu-buru memilih cawapres Anies. Menurutnya NasDem dan dua partai mitra koalisi sudah bersepakat terkait keputusan cawapres. 

"Kita lihat saja ke depannya. Kemauan orang kan sah-sah saja mendukung A, B. Tapi keputusannya bukan tergantung 1-2 orang," tuturnya. 

Baca Juga: Demokrat Ngotot Ingin AHY Jadi Cawapres Anies, Nasdem: Ini Bukan Utang

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya