DPR Awasi Permasalahan 2023: Bencana Alam hingga Pemilu 

Lima isu jadi sorotan DPR

Jakarta, IDN Times — DPR RI mengaku akan memperhatikan sejumlah isu dan permasalahan yang berkembang di masyarakat di tahun 2023 ini. Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPR RI Fraksi NasDem Rachmad Gobel dalam sidang Paripurna pada hari ini, Selasa (10/1/2023).

“Beberapa kebijakan, isu, dan permasalahan di berbagai bidang akan menjadi perhatian alat kelengkapan dewan dalam menjalankan fungsi pengawasan,” kata Gobel.

1. Lima masalah yang disorot DPR

DPR Awasi Permasalahan 2023: Bencana Alam hingga Pemilu Gedung MPR DPR RI (IDN Times/Marisa Safitri)

Sejumlah masalah yang menjadi sorotan DPR RI muncul dari beragam sektor.

Pertama yakni permasalahan bencana alam yang terjadi di sejumlah daerah akibat cuaca ekstrem. Kemudian penyesuaian aktivitas masyarakat setelah kebijakan PPKM dicabut, permasalahan ketersediaan vaksin COVID-19 untuk anak, permasalahan tenaga honorer, hingga pelaksanaan tahapan pemilu serentak 2024.

“Dalam melaksanakan fungsi pengawasan, DPR RI melalui Alat Kelengkapan Dewan, akan memastikan bahwa regulasi, kinerja kelembagaan, kinerja program, serta pengelolaan anggaran berjalan dan dapat memajukan Indonesia di berbagai sektor,” ujar Gobel.

Baca Juga: Paripurna DPR Singgung Perppu Ciptaker, Buka Kemungkinan Tak Disetujui

2. DPR dorong kementerian/lembaga agar responsif

DPR Awasi Permasalahan 2023: Bencana Alam hingga Pemilu Ketua DPR Puan Maharani (kiri) berbincang dengan Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad (kanan) saat sidang paripurna di kompleks Parlemen, Jakarta, Senin, 8 November 2021 (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Gobel juga menyebut pihaknya akan mendorong kementerian dan lembaga untuk bekerja responsif, terukur, dan berorientasi pada penyelesaian masalah di 2023 ini.

“Sehingga rakyat merasakan kehadiran Pemerintah dalam melindungi rakyat, mempermudah kehidupan rakyat dan mensejahterakan rakyat,” ujar Gobel.

3. Sidang DPR tak dihadiri Puan Maharani

DPR Awasi Permasalahan 2023: Bencana Alam hingga Pemilu Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin datangi perayaan HUT ke-50 PDI Perjuangan. (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Diketahui dalam pembukaan masa persidangan hari ini, Ketua DPR RI Puan Maharani tak hadir dan digantikan oleh Rachmat Gobel untuk membacakan pidatonya.

Puan di saat yang bersamaan sedang mengikuti rangkaian acara dalam HUT ke-50 PDIP di Ji-Expo Kemayoran, Jakarta.

Baca Juga: Jokowi-Ma'ruf Hadiri HUT ke-50 PDIP di JI-Expo Kemayoran

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya