DPR Harap Kunker Jokowi ke Rusia-Ukraina Bisa Bawa Perdamaian Dunia

Jokowi bakal ketemu langsung Presiden Rusia dan Ukraina

Jakarta, IDN Times - Anggota DPR Komisi I Fraksi Partai Golkar, Dave Laksono mengomentari langkah Presiden Joko “Jokowi” Widodo yang menyambangi langsung Ukraina dalam rangka menghentikan konflik Rusia-Ukraina.

Dave menilai kunjungan Jokowi ke Ukraina dan Rusia di tengah konflik yang sengit ini perlu didukung banyak pihak. Pasalnya Jokowi mengemban misi membawa kestabilan dunia.

“Kunjungan ini bukan hanya kunjungan kenegaraan biasa atau simbolik, akan tetapi di sini ada visi misi khusus yang bisa diharapkan membawa perdamaian dan kestabilan bagi dunia,” kata Dave kepada wartawan, Senin (27/6/2022).

Baca Juga: Jokowi Berangkat Kunjungan ke 4 Negara, Termasuk Ukraina-Rusia

1. DPR harap Jokowi bisa membawa perdamaian dunia

DPR Harap Kunker Jokowi ke Rusia-Ukraina Bisa Bawa Perdamaian DuniaPresiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyambut kunjungan Presiden Prancis Emmanuel Macron (Twitter.com/Emmanuel Macron)

Dave mengaku pihaknya berharap Jokowi berhasil menuntaskan misinya untuk mendamaikan Rusia-Ukraina. Pasalnya konflik ini dinilai tidak hanya merugikan masyarakat di dua negara, melainkan menyulitkan kehidupan banyak orang di dunia.

Konflik Rusia-Ukraina disebut-sebut memperparah kenaikan harga pangan dunia hingga kenaikan harga minyak bumi. Kondisi ini dinilai dapat memacu inflasi di berbagai dunia. “Karena itu yang kita harapkan dari kunjungan ini akan bisa berbuah hasil yang baik dan juga bermanfaat bukan hanya masyarakat Indonesia tapi masyarakat dunia,” kata Dave.

Baca Juga: Jokowi ke Rusia-Ukraina Bawa Misi Perdamaian, FPCI: Harus Komitmen!

2. Jokowi sambangi langsung Ukraina

DPR Harap Kunker Jokowi ke Rusia-Ukraina Bisa Bawa Perdamaian DuniaOrang-orang menghadiri upacara penghormatan kepada para pembela Ukraina yang gugur, termasuk tentara yang tewas dalam pertempuran dengan pemberontak pro-Rusia di bandara Donetsk hari ini pada tahun 2015, di sebuah peringatan di dekat markas besar Kementerian Pertahanan di Kyiv, Ukraina, Kamis (20/1/2022). (ANTARA FOTO/Ukrainian Presidential Press Service/Handout via REUTERS.)

Jokowi diketahui melakukan kunjungan menuju Eropa pada Minggu (26/6/2022). Jokowi serta sang istri, Iriana Widodo menuju Jerman dalam rangka KTT G7.

Dalam forum G7 tersebut, Jokowi akan mendorong para pemimpin negara untuk mewujudukan perdamaian di Ukraina. Jokowi juga menyerukan pemimpin G7 untuk mencari solusi dalam menghadapi krisis pangan dan energi.

Setelahnya, Jokowi akan bertandang ke Ukraina bertemu dengan Presiden Volodymyr Zelensky. Pertemuannya dengan Zelensky bertujuan untuk mendorong ruang dialog dengan Rusia.

Baca Juga: Jokowi Ungkap Misinya Kunjungi Ukraina dan Rusia

3. Jokowi akan kunjungi Putin

DPR Harap Kunker Jokowi ke Rusia-Ukraina Bisa Bawa Perdamaian DuniaPresiden Joko "Jokowi" Widodo (kiri) ketika bertemu dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin di sela pertemuan KTT ASEAN-Rusia di Singapura pada 2018. (Sputnik/Alexei Druzhinin/Kremlin)

Setelah bertemu Presiden Ukraina, Jokowi akan menuju Rusia untuk bertemu dengan Presiden Vladimir Putin. Kabarnya, Jokowi akan meminta Putin untuk menghentikan perang dengan Ukraina.

“Sekali lagi, dengan misi yang sama saya akan mengajak Presiden Putin untuk membuka ruang dialog dan sesegera mungkin untuk melakukan gencatan senjata dan menghentikan perang," imbuh Jokowi.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya