DPR Harap Surpres Pergantian Panglima TNI Diserahkan Pekan ini

DPR belum terima surpres penggantian panglima TNI

Jakarta, IDN Times — Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad berharap surat presiden (Surpres) Pergantian Panglima TNI bisa diterima pekan ini agar cepat diproses. Sampai hari ini DPR belum mendapatkan Surpres pergantian panglima TNI.

“Sampai hari ini Surpres dari presiden belum kami terima, tapi mudah-mudahan minggu ini sudah masuk DPR,” kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (23/11/2022).

1. Kemungkinan diparipurnakan pada masa sidang tahun ini

DPR Harap Surpres Pergantian Panglima TNI Diserahkan Pekan iniGedung MPR DPR RI (IDN Times/Marisa Safitri)

Dasco juga membuka kemungkinan pergantian panglima TNI akan disahkan dalam rapat paripurna masa sidang tahun ini jika surpres sudah diterima DPR sebelum masa reses.

Masa reses DPR sendiri diketahui dimulai pada 15 Desember dan akan ditutup pada pertengahan Januari 2023.

“Kemungkinan diparipurnakan itu terbuka mengingat waktu kita reses 15 Desember sehingga kita akan upayakan proses itu berjalan sampai sebelum kita reses,” ujar Dasco.

Baca Juga: TNI AL Pecahkan Rekor MURI Water Trappen di HUT ke-77 TNI

2. Jokowi sebut sudah kirim surpres panglima ke DPR

DPR Harap Surpres Pergantian Panglima TNI Diserahkan Pekan ini(IDN/Teatrika Handoko Putri)

Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengatakan akan mengirimkan Surpres terkait calon Panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa pada hari ini. Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, Jokowi belum menentukan jam berapa surpres bakal diantar ke parlemen. 

“Surpres penggantian Panglima TNI, kami juga sudah menghitung waktu DPR yang akan reses. Jadi, pada hari ini akan dikirim ke DPR surpresnya," ungkap Pratikno di Istana Kepresidenan. 

Saat ditanyakan oleh media siapa yang bakal menggantikan Jenderal Andika, Pratikno enggan membocorkan. "Kalau soal nama, biar nanti DPR yang menyampaikan. Kan suratnya juga belum diterima oleh DPR," tutur dia. 

3. Yudo Margono datang ke Istana

DPR Harap Surpres Pergantian Panglima TNI Diserahkan Pekan iniKepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Yudo Margono mengaku kesal dengan Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) (ANTARA FOTO/Indrayadi)

Berkaitan dengan pergantian panglima TNI, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono disebut-sebut menjadi calon kuat untuk menggantian Jenderal Andika Perkasa.

Hal itu diduga karena Yudo sebelumnya bertemu dengan Pratikno di Gedung Kemensetneg pada Senin kemarin. Namun belum diketahui hal apa yang dibahas dalam pertemuan tersebut.

Baca Juga: Jokowi Kirim Surpres Panglima TNI Pengganti Andika ke DPR Hari Ini

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya