DPR Rapat Paripurna, Puan Sibuk Safari Tanam Bawang di Brebes

Puan janji bakal kawal peningkatan infrastruktur pertanian

Jakarta, IDN Times - Ketua DPR RI Puan Maharani tak mengikuti rapat paripurna (Rapur) ke-27 masa sidang V tahun 2021-2022, Selasa (5/7/2022). Usut punya usut, politisi PDI Perjuangan itu ternyata sedang berkeliling mengunjungi wilayah di Indonesia sejak 4 Juli 2022. 

Rapur tersebut dipimpin Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad dan dihadiri 45 anggota dewan secara fisik dan 160 anggota secara virtual.

Agendanya adalah membahas perihal RAPBN 2021 dan persetujuan perpanjangan masa waktu pembahasan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (PDP) dan RUU ASN.

1. Puan sedang tanam bawang di Brebes

DPR Rapat Paripurna, Puan Sibuk Safari Tanam Bawang di BrebesKetua DPR RI Puan Maharani menanam bawang bersama para petani di Brebes, Jawa Tengah, Selasa (5/7/2022). (Dok/Tim Media Puan Maharani)

Puan Maharani disebut sedang mendengarkan aspirasi petani bawang di Desa Larangan, Brebes, Jawa Tengah pada hari ini. Dalam kesempatan tersebut, Puan ikut menanam bawang merah bersama petani.

Bersama sejumlah petani, Puan menanam bawang merah selama satu jam.

“Kita patut bangga bahwa bawang dari Brebes itu dianggap banyak orang sebagai bawang terenak,” ujar Puan.

Dalam keterangan tertulis, Puan disebut mendapatkan sambutan hangat dari para petani setempat. Puan bahkan disambut yel-yel yang menyebutnya sebagai presiden.

“Mbak Puan presiden, Mbak Puan presiden,” kata warga dalam keterangan tertulis.

Dalam kesempatan itu, para petani juga menyampaikan sejumlah permasalahan yang mereka alami, khususnya soal sarana produksi pertanian yang mahal.

“Terutama harga pupuk bu, mahal,” kata salah seorang petani bernama Rusmin.

Sejumlah keluhan yang disampaikan petani bawang di Kecamatan Larangan, Brebes, juga terkait mahalnya bibit, pestisida, hingga tenaga kerja olah tanah-panen. Puan mengatakan, DPR akan membahas persoalan ini bersama pihak pemerintah.

“Saya akan carikan solusinya. DPR akan menjadi mediator dan menyampaikannya ke Pemerintah untuk memastikan harapan bapak/ibu dapat terfasilitasi,” ujar Puan.

“Kami akan dorong agar rencana pencabutan subsidi pupuk ini ada pengecualian bagi petani bawang merah,” sambungnya.

Baca Juga: Gema Puan Sebut Ada Buzzer Adu Domba Puan Maharani dan Ganjar Pranowo

2. Janji bakal kawal peningkatan infrastruktur pertanian

DPR Rapat Paripurna, Puan Sibuk Safari Tanam Bawang di BrebesKetua DPR RI Puan Maharani ikut memanen tebu bersama petani di Cirebon, Senin (4/7/2022). (Dok/Tim Media Puan Maharani)

Lebih lanjut, Kader PDIP tersebut meminta anggota DPR dari komisi terkait mengawal harapan petani bawang soal peningkatan infrastruktur pertanian. Salah satunya, kata Puan, menyangkut persoalan aliran alir ke area sawah.

“Ini harus menjadi prioritas karena Kabupaten Brebes telah memberikan kontribusi sekitar 20 persen produksi nasional atau 60 persen dari produksi Jawa Tengah,” ujar dia.

Menurut Puan, diperlukan kebijakan yang pro terhadap petani agar produktivitas bawang merah di Brebes tidak terkendala. Jika kebijakan mempengaruhi produksi pertanian, dampaknya akan terjadi kenaikan harga bawang.

“Kenaikan harga komoditas bawang merah sebagai dampak pencabutan subsidi itu, bisa memicu adanya inflasi,” ujar perempuan berusia 48 tahun tersebut.

3. Puan mengaku disuruh Megawati keliling daerah

DPR Rapat Paripurna, Puan Sibuk Safari Tanam Bawang di BrebesKetua DPR RI Puan Maharani menyambangi Pondok Pesantren Buntet, Cirebon, Senin (4/7/2022). (Dok/Tim Media Puan Maharani)

Puan mengaku kunjungannya ke berbagai daerah di Indonesia merupakan arahan dari Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Hal ini dikatakan Puan usai saat mengunjungi DPC PDIP Cirebon Jawa Barat, Senin (4/7/2022). Dia mengaku belakangan sering mendapatkan pertanyaaan mengapa sangat aktif untuk keliling ke wilayah Indonesia.

“Selama ini saya muter-muter, Jawa Tengah, Jawa Timur, ini mulai masuk Jawa Barat, Kalimantan, Sulawesi, sampai ke Papua, dan lain sebagainya. Ada yang tanya Mbak Puan mau ngapain si muter-muter?,” katanya.

“Ya pertama sebagai Ketua DPP partai sebagai Ketua DPR saya ditugaskan, ingat ya ditugaskan Ibu Ketua Umum (Megawati) untuk muter-muter, untuk ketemu sama keluarga besar PDI Perjuangan,” sambung Puan.

Puan juga diketahui mengunjungi pondok pesantren Buntet di Cirebon pada Senin kemarin. Kehadiran Puan diterima oleh Pengasuh Ponpes Buntet, KH Adib Rofiuddin.

“Pondok Pesantren Buntet sejak dulu memiliki peran dan pengaruh signifikan dalam proses pembangunan berbangsa dan bernegara,” kata Puan.

Puan mengaku, ia melanjutkan budaya keluarganya untuk selalu bersilaturahmi dengan kelompok religius. Seperti yang selalu dilakukan sang kakek, Presiden pertama Indonesia, Sukarno.

“Ada tradisi berjuang bersama antara Bung Karno dengan para kiai di masa lalu dalam rangka merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia,” ujar dia.

Baca Juga: Tjahjo Kumolo Wafat, Puan Sebut Megawati dan PDIP Berduka

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya