Dubes Ri di Italia Muhammad Prakosa Meninggal, PDIP Berduka

Megawati langsung beri arahan khusus

Jakarta, IDN Times — Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyampaikan duka yang mendalam atas berpulangnya Dubes RI untuk Italia, Muhammad Prakosa.

“Kita sungguh kehilangan dan begitu bersedih atas berita duka cita tersebut. Kita kehilangan sosok yang rendah hati, jujur, dan menjadi keteladanan seluruh jajaran Partai,” ujar Hasto dalam keterangan tertulis, Selasa (17/1/2023).

1. Megawati bersedih dengar kabar duka kepulangan Prakosa

Dubes Ri di Italia Muhammad Prakosa Meninggal, PDIP BerdukaSekjen PDIP Hasto Kristyanto (tengah). (IDN Times/Aldzah Fatimah Aditya)

Hasto mengatakan kabar duka tersebut sudah disampaikan ke ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Menurut pengakuan Hasto, Megawati begitu sedih mendengar kabar duka tersebut.

“Saya sudah melaporkan secara langsung kepada Ibu Megawati Soekarnoputri. Beliau juga begitu bersedih. Tidak diduga berita duka itu datang secepat ini, mengingat tadi siang Ibu Megawati baru saja membahas Pak Prakosa sambil menunjukkan pohon Saninten kenang-kenangan dari Pak Prakosa yang tumbuh begitu subur di halaman rumah Beliau di Bali,” kata Hasto.

Baca Juga: Dubes RI di Italia Muhammad Prakosa Meninggal Dunia 

2. Megawati beri arahan agar jajaran PDIP berikan penghormatan khusus

Dubes Ri di Italia Muhammad Prakosa Meninggal, PDIP BerdukaPixabay.com/RobVanDerMeijden

Hasto mengatakan, setelah mendengar kabar duka tersebut Megawati langsung mengarahkan kepada jajaran partai agar memberikan penghormatan terbaik kepada Prakosa. Partai di internal juga diminta memberikan penghormatan khusus sesuai dengan protokol partai.

“Guna melakukan koordinasi terkait hal tersebut, khususnya dengan Kementerian Luar Negeri dan juga dengan Menseskab maka DPP Partai menugaskan Bapak Utut Adianto untuk berkoordinasi dengan Pemerintah, berkaitan dengan rencana pemulangan Alm. Pak Prakosa,” kata Hasto.

“Pak Ahmad Basarah juga ditugaskan untuk melakukan koordinasi dengan keluarga berkaitan dengan seluruh rencana pemakaman almarhum. Selanjutnya Partai memberikan dukungan penuh hingga selesainya seluruh rangkaian pemakaman Almarhum sesuai protokol Partai,” sambung dia.

3. Prakosa disebut jadi sosok loyal di PDIP

Dubes Ri di Italia Muhammad Prakosa Meninggal, PDIP BerdukaKetua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan (dok. PDIP)

Hasto kemudian meminta semua jajaran PDIP untuk berdoa kepada Tuhan agar almarhum mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah. Hasto juga menyebut bahwa Prakosa dikenal sebagai sosok kader yang loyal dan berdedikasi kepada PDIP.

“Seluruh perjuangan beliau betul-betul membuktikan sosok kader yang loyal, berdedikasi, dan setia pada Ibu Megawati Soekarnoputri dan PDI Perjuangan. Doa kita panjatkan juga untuk keluarga yang ditinggal, semoga mendapat kekuatan dan penghiburan,” tuturnya.

Baca Juga: Dubes RI di Italia Muhammad Prakosa Meninggal Dunia 

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya