Elite PPP: Prabowo dan Cak Imin Tak Mungkin Diusung KIB

Prabowo dan Cak Imin bukan anggota KIB

Jakarta, IDN Times - Ketua DPP PPP Syarifah Amelia menyebut Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, tak mungkin diusung sebagai pasangan capres-cawapres dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Amelia mengatakan kemungkinan tokoh Prabowo atau Cak Imin diusung partainya tertutup, karena keduanya tidak bergabung dengan KIB.

“Tentu tidak (diusung) karena itu di luar koalisi. Jadi seperti yang kita sampaikan kalau PPP sendiri terkait KIB, kami berharap kader terbaik yang ada di dalam KIB (untuk diusung),” kata Amelia saat dijumpai wartawan di Jakarta Selatan, Jumat (24/6/2022).

Baca Juga: Airlangga soal Nama Capres di KIB: Belum Ada sampai Sekarang

1. Buka kemungkinan tokoh lain parpol

Elite PPP: Prabowo dan Cak Imin Tak Mungkin Diusung KIBKetum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar usai pertemuan di Kertanegara, Jakarta Selatan, Sabtu (18/6/2022). (dok/Istimewa)

Kendati, Amelia mengaku, ada kemungkinan bakal menarik tokoh dari luar KIB yang diusung sebagai pasangan capres-cawapres Pilpres 2024.

Namun sejauh ini, kata dia, pihaknya masih memilih tokoh-tokoh di lingkaran KIB untuk diusung sebagai capres-cawapres.

“Kita belum melirik di luar KIB,” kata Amelia.

2. KIB mulai lirik NasDem untuk ajak berkoalisi

Elite PPP: Prabowo dan Cak Imin Tak Mungkin Diusung KIBKoalisi Indonesia Bersatu setelah menandatangani nota kesepahaman di Jakarta Pusat, Sabtu (4/6/2022). (IDNTimes/Melani Putri)

Selain itu, Amelia menyebut KIB mulai membuka komunikasi dengan Partai NasDem. Menurut dia jika komunikasi KIB dengan NasDem menemukan titik temu, kemungkinan terjalin koalisi dengan partai yang dipimpin Surya Paloh tersebut.

“Komunikasi kita tidak tertutup. Kalau seandainya ada komunikasi dengan NasDem, tentu akan ada kemungkinan. Itikad KIB tetap membuka diri,” tuturnya.

Baca Juga: Golkar Optimistis Menangkan Airlangga di Pilpres 2024 Asal Ada 4 Poros

3. Golkar bakal tetap usung Airlangga Hartarto

Elite PPP: Prabowo dan Cak Imin Tak Mungkin Diusung KIBMenko Perekonomian Airlangga Hartarto (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Sebelumnya, Ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur, Sarmuji, mengatakan partainya bakal tetap mengusung Ketua Umum  Airlangga Hartarto maju pada Pilpres 2024.

Dia juga optimistis Airlangga Hartarto bakal memenangkan Pilpres 2024 asal ada empat poros dalam Pemilu 2024.

Sarmuji menyebut pembicaraan terkait capres dari KIB merupakan kewenangan tiga ketua umum partai yakni Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, termasuk Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

“Ketua umum di KIB membicarakan bertiga saja, Pak Airlangga, Pak Suharso, Pak Zulhas, membicarakan siapa di antara mereka yang dicalonkan jadi presiden,” kata Sarmuji saat ditemui wartawan di Jakarta Selatan, Jumat (24/6/2022).

“Peluang Pak Airlangga diusung KIB menjadi presiden itu jadi sangat terbuka,” sambung dia.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya