Gede Pasek PKN: Anas Urbaningrum Akan Jadi Ikon Lawan Kriminalisasi

Anas Urbaningrum akan bebas 10 April

Jakarta, IDN Times — Ketua Umum Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) I Gede Pasek Suardika mengatakan Anas Urbaningrum akan menjadi ikon perlawanan terhadap kriminalisasi masyarakat. Dia menyebut PKN akan menjadi wadah bagi Anas Urbaningrum untuk masuk kembali ke kancah politik.

Gede Pasek menilai Anas bisa menjadi ikon perlawanan karena memiliki sepak terjang dikriminalisasi oleh elite politik.

“Jadi kami berharap beliau bisa menjadi contoh perlawanan menghadapi kriminalisasi sehingga menginspirasi banyak WNI yang korban kriminalisasi bersatu padu agar jangan ada kekuasaan pusat memperlakukan WN seperti itu,” ujarnya dalam Talkshow Gen Z Memilih bersama IDN Times, Rabu (1/3/2023).

1. Anas dan PKN disebut punya semangat melawan kriminalisasi

Gede Pasek PKN: Anas Urbaningrum Akan Jadi Ikon Lawan KriminalisasiI Gede Pasek, Ketum PKN dalam Talkshow series #GenZMemilih, "Parpol Baru Bisa Kasih Apa ke Gen Z?" by IDN Times pada Rabu (1/3/2023). (IDN Times/Alya Achyarini)

Gede Pasek menegaskan bahwa pihaknya bersama Anas Urbaningrum memiliki semangat melawan kriminalisasi. Dia menyinggung beberapa fenomena kriminalisasi menyerang warga sipil dalam kasus agraria di Indonesia.

Menurutnya ada banyak cara yang bisa dilakukan pemerintah untuk mengkriminalisasi warga sipil, salah satunya dengan instrumen hukum UU ITE.

"Anas bisa jadi korban kriminalisasi tapi jauh lebih banyak warga sipil di Indonesia yang dikriminalisasi. Artinya ada semangat untuk bangkit melawan kriminalisasi seperti itu, yang saya jadikan ikon," ujarnya.

Baca Juga: Anas Bebas dari Penjara April, PKN Siapkan Jabatan Strategis

2. PKN siapkan tempat untuk Anas Urbaningrum

Gede Pasek PKN: Anas Urbaningrum Akan Jadi Ikon Lawan KriminalisasiAnas Urbaningrum (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

PKN, kata Gede Pasek, telah menyiapkan jabatan strategis untuk Anas Urbaningrum yang akan bebas dari penjara pada 10 April mendatang. Kendati posisi untuk Anas telah disiapkan, Gede Pasek enggan menyebut posisi apa yang dimaksud. 

Gede Pasek juga menuturkan Anas akan kembali terjun ke dunia politik dengan mengatur arah berpolitik di PKN. 

"Kami siapkan betul mas Anas keluar April, kami siapkan mas Anas masuk PKN kemudian dia mengatur arah politik di PKN untuk kemudian berkompetisi kembali dalam kancah politik," ujarnya. 

3. Anas Urbaningrum akan bebas 10 April

Gede Pasek PKN: Anas Urbaningrum Akan Jadi Ikon Lawan KriminalisasiAnas Urbaningrum (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Anas Urbaningrum saat ini masih mendekam di penjara karena tersangkut kasus korupsi pembangunan Pusat Pendidikan, Pelatihan, dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) Hambalang pada 2010-2012. Anas dikabarkan akan keluar penjara pada 10 April 2023.

Namun meski dinyatakan bebas, Mahkamah Agung (MA) mencabut hak politik Anas Urbaningrum selama lima tahun. Putusan itu membuat Anas tidak bisa mencalonkan atau dicalonkan dalam pemilu.

“Posisi beliau ini kan sedikit banyak misteri di dalam proses hukumnya, dan itu satu per satu sudah muncul di permukaan. Saya yakin pada saatnya dia keluar, itu akan terbuka dengan sendirinya,” tutur Gede.

Meski tersangkut kasus korupsi, Gede mengaku Anas bakal bisa bangkit dan membuktikan dirinya tidak bersalah dalam kasus korupsi Hambalang. Loyalis Anas Urbaningrum ini juga optimistis, PKN bisa lebih maju ketika Anas bebas.

“Kalau nanti saatnya itu terbuka dengan sendirinya, maka dengan senang hati kami di PKN akan memberikan ruang beliau untuk comeback,” kata Gede.

Baca Juga: Ambisi Loyalis Anas dan Cita-cita Politik Partai Kebangkitan Nusantara

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya