Gerindra Akan Tanya Kesiapan Prabowo Maju Capres 2024 di Rapimnas 

Prabowo bisa putuskan maju capres tanpa rapimnas

Jakarta, IDN Times — Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengaku bakal menanyakan kesiapan Ketum Gerindra Prabowo Subianto untuk maju dalam Pilpres 2024. Hal itu akan ia tanyakan langsung dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Gerindra di Sentul International Convention Center (SICC) Bogor, pada Sabtu 30 Juli mendatang.

Muzani mengatakan, Prabowo menyadari diperlukan forum untuk pengambilan keputusan secara bersama sekaligus melihat keinginan para kader terhadap dirinya. Sejauh ini, para kader dari tingkat ranting hingga DPP Gerindra disebut ingin Prabowo maju Pilpres 2024.

“Hal yang paling penting dalam rapimnas ini adalah untuk mendengarkan jawaban langsung dari Pak Prabowo terhadap permintaan tersebut,” kata Muzani dalam keterangan tertulis, Selasa (26/7/2022).

Baca Juga: Prabowo Bakal Umumkan Nama Capres saat Rapimnas Gerindra

1. Prabowo bisa putuskan maju capres tanpa rapimnas

Gerindra Akan Tanya Kesiapan Prabowo Maju Capres 2024 di Rapimnas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (tengah) (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Muzani menjelaskan, Prabowo sebagai Ketum dan Dewan Pembina Partai Gerindra memiliki hak untuk mengambil keputusan perihal pencalonan tanpa melalui forum rapimnas.

Kendati begitu, Prabowo disebut ingin melihat perkembangan aspirasi kadernya di tingkat akar rumput soal kontestasi Pilpres 2024.

“Keinginan dan dorongan yang disuarakan oleh seluruh pengurus Partai Gerindra di tingkat ranting, PAC, DPC, DPD, hingga DPP dan seluruh kader Partai Gerindra yang mengingankan, mengharapkan, dan memohon agar Ketua Umum Partai Gerindra H Prabowo Subianto untuk maju dalam Pilpres 2024," kata Muzani.

“Sebagai pejuang demokrasi, Beliau (Prabowo) sangat memperhatikan perkembangan aspirasi yang berkembang di tengah masyarakat, lebih-lebih di internal Partai Gerindra,” sambung dia.

2. Muzani minta para kader ikut Rapimnas Gerindra

Gerindra Akan Tanya Kesiapan Prabowo Maju Capres 2024 di Rapimnas Sekjen DPP Gerindra, Ahmad Muzani saat meresmikan kantor DPC Gerindra Kota Semarang. (Dok. Partai Gerindra Jateng)

Muzani juga meminta para kader untuk hadir dalam Rapimnas Gerindra yang bakal digelar pada akhir pekan ini. Para kader diharapkan terlibat aktif dalam penentuan kandidat capres/cawapres menghadapi Pilpres 2024.

“Kami berharap kepada seluruh pengurus Partai Gerindra di semua tingkatan untuk mengikuti acara ini, baik melalui siaran langsung di televisi-televisi ataupun siaran langsung melalui kanal Youtube yang kami sediakan. Ini adalah cara kami untuk jadikan keputusan ini bersama-sama sebagai keputusan seluruh kader Partai Gerindra di seluruh Indonesia,” ujarnya.

3. Gerindra punya kedekatan dengan PKB

Gerindra Akan Tanya Kesiapan Prabowo Maju Capres 2024 di Rapimnas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar (kanan) (Instagram Cak Imin/ANTARA FOTO)

Menjelang Pilpres, beberapa parpol mulai melakukan pendekatan satu sama lain. Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid, mengaku PKB dan Partai Gerindra sudah sepakat membentuk koalisi jelang Pemilu 2024.

Jazilul mengatakan, koalisi PKB-Gerindra dinamakan dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya. Terkait Koalisi Semut Merah yang sebelumnya sempat digadang-gadang bakal dideklarasikan dalam waktu dekat oleh PKB-PKS, dia enggan menanggapi.

“Kami bersyukur seraya memohon rida dan pertolongan Allah, PKB-Gerindra sepakat membentuk Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya,” kata Jazilul kepada IDN Times beberapa waktu lalu.

Kendati demikian, sejauh ini belum ada deklarasi koalisi PKB-Gerindra yang disebut-sebut bakal memasangkan Prabowo-Muhaimin Iskandar tersebut.

Baca Juga: Dasco Minta Gerindra Sulut Menangkan Prabowo Jadi Presiden 2024

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya