Gerindra Bicara Nama Pendamping Prabowo di Pilpres, Dua Orang Inikah?

DPC Gerindra di daerah mengusulkan sejumlah nama cawapres

Jakarta, IDN Times — Sejumlah nama dikabarkan telah diusulkan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra untuk menjadi pendamping Prabowo Subianto maju dalam Pilpres 2024.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengkonfirmasi kabar tersebut. Dia mengaku sejumlah anggota Partai Gerindra di daerah memang telah mengusulkan beberapa nama calon pendamping Prabowo Subianto dalam pemilihan presiden mendatang.

“Kita tidak menafikkan bahwa sudah mulai banyak juga bermunculan aspirasi DPC yang mengusulkan beberapa menjadi Cawapres Pak Prabowo dalam Pilpres 2024,” kata Dasco kepada wartawan di Senayan, Jakarta, Rabu (11/5/2022).

Baca Juga: Tepis Isu Safari Politik Prabowo, Gerindra Klaim hanya Silaturahmi

1. Usulan dari daerah bakal dievaluasi

Gerindra Bicara Nama Pendamping Prabowo di Pilpres, Dua Orang Inikah?Dokumentasi - Prabowo bersama Edhy Prabowo. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Baca Juga: Tugas Berat Prabowo Menuju Pemilu 2024

Dasco menyampaikan berbagai usulan nama pendamping Prabowo untuk Pilpres 2024 itu bakal ditampung oleh DPP Partai Gerindra. Partai Gerindra sejauh ini juga belum mengumumkan koalisi.

Namun dipastikan, Partai Gerindra bakal mengusung Prabowo Subianto selaku ketua umum untuk maju kembali dalam kontestasi politik di 2024.

“Sementara ini Partai Gerindra masih konsolidasi untuk kekuatan partai dalam Pemilu legislatif. Terkait nama-nama, itu masih kami tampung,” ujar Dasco.

2. Usulan nama Puan dan AHY

Gerindra Bicara Nama Pendamping Prabowo di Pilpres, Dua Orang Inikah?Megawati Soekarnoputri (pojok kiri), Prabowo Subianto (tengah) dan Puan Maharani (pojok kanan) ketika bertemu di ruang VVIP Istana Negara pada November 2021 (www.instagram.com/@puanmaharani)

Ketika ditanyai siapa nama yang diusulkan oleh DPC Partai Gerindra di daerah, Dasco enggan berkomentar.

Kabarnya, nama Ketua DPR RI Puan Maharani dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang diusulkan mendampingi Prabowo. Namun Dasco enggan mengkonfirmasi hal tersebut.

“Soal nama-nama masih rahasia,” tuturnya.

3. Nama Prabowo-Puan dalam bursa Capres

Gerindra Bicara Nama Pendamping Prabowo di Pilpres, Dua Orang Inikah?ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Nama Prabowo memang selalu muncul dalam beberapa survei elektabilitas bakal capres dalam Pemilu 2024. Dalam survei tersebut, Prabowo seringkali dipasangkan dengan Puan Maharani atau Ganjar Pranowo.

Menurut survei Populi Center pada April, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo bersaing sengit dengan elektabilitas yang sama. Keduanya imbang dengan perolehan angka 24 persen dalam survei tingkat elektabilitas untuk maju dalam Pilpres 2024.

“Prabowo dan Ganjar imbang dalam elektabilitasnya sebagai capres,” kata Deputi Direktur Eksekutif Populi Center, Rafif Pamenang Imawan.

Sementara berdasarkan survei SMRC pada April, duet Prabowo-Puan akan sengit jika melawan Anies Baswedan-AHY. Kendati Prabowo-Puan masih memenangkan kursi capres-cawapres dalam survei tersebut.

“Prabowo-Puan 41 persen, Anies-AHY 37,9 persen. Ada 21 persen yang belum menentukan pilihan. Dukungan pada dua pasangan ini secara statistik tidak berbeda secara signifikan,” kata Direktur SMRC Saiful Mujani.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya