Gibran Bicara Kans Kaesang Masuk ke Dunia Politik: Kontribusinya Besar

Kaesang dikabarkan akan masuk ke dunia politik

Jakarta, IDN Times - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bicara mengenai kans adiknya, Kaesang Pangarep bergabung di dunia politik. Gibran mengaku menghormati keputusan Kaesang untuk bergabung ke dunia politik seperti dirinya. 

Gibran juga mengatakan keputusan majunya Kaesang ke dunia politik atau tidak bergantung pada keputusan warga. 

"Iya intinya itu keputusannya Kaesang, kita hormati dia. Sekali lagi kita kembalikan ke warga," kata Gibran dalam wawancara khusus bersama Pemimpin Redaksi IDN Times, Uni Lubis, Kamis (16/3/2023).

1. Kaesang punya kontribusi besar di Solo

Gibran Bicara Kans Kaesang Masuk ke Dunia Politik: Kontribusinya BesarWawancara khusus Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka di acara Real Talk with Uni Lubis di Mangkunegaran, Surakarta, Kamis (16/3/2023). (IDN Times/Reynaldy Wiranata & Gilang Pandutanaya)

Menurut Gibran, meski belum bergabung dengan dunia politik, Kaesang memiliki kontribusi besar di Solo. Dia mencontohkan peran penting Kaesang yaitu mampu mengatur sebuah klub sepak bola. 

"Dia saya tugaskan untuk takeover salah satu klub kita yang managemennya sangat buruk, dan dia berhasil. Dari juara liga 2, sekarang ke liga 1, dan sekarang bertahan di tengah klasemen. Ini bukan hal mudah," ujarnya. 

Baca Juga: Punya Harta Rp26 M, Gibran: Itu Uang Saya Sebelum Jadi Wali Kota Solo

2. Kaesang berhasil mengatur klub sepak bola

Gibran Bicara Kans Kaesang Masuk ke Dunia Politik: Kontribusinya BesarKaesang Pangarep (Instagram.com/kaesangp)

Gibran menilai, Kaesang telah berhasil mengatur managemen klub liga 1 dalam sepak bola yang sebelumnya 'berantakan' karena managemen yang buruk. Menurutnya di tangan Kaesang, dunia sepak bola bisa lebih baik. 

"Itu bukannya menjelekkan managemen lama ya, tapi menjadi PR managemen baru dan Kaesang bisa menyelesaikan itu. Sekarang hasilnya sudah terlihat," kata Gibran. 

3. Rencana Kaesang masuk dunia politik

Gibran Bicara Kans Kaesang Masuk ke Dunia Politik: Kontribusinya BesarKaesang Pangarep (Instagram.com/kaesangp)

Dikabarkan sebelumnya, Kaesang berencana masuk ke dunia politik pada tahun depan. Presiden Joko "Jokowi" Widodo juga sudah bersuara terkait pilihan Kaesang ini.

Jokowi memastikan tidak akan mengintervensi pilihan karier politik yang coba ditempuh oleh Kaesang.

"Sudah ngomong ke saya. Tapi, saya selalu memberi kebebasan kepada mereka (Kaesang). Saya tidak memengaruhi, tak memutuskan," ucap Jokowi kepada awak media, di Sarinah, Januari lalu. 

Kabar keinginan Kaesang masuk dunia politik ini sempat menyorot perhatian lantaran Kaesang sebelumnya mengaku tak akan bergabung ke dunia politik karena gajinya kecil. 

Hal itu dia sampaikan ketika berbicara di program siniar Deddy Corbuzier pada 2021 lalu, Kaesang mengaku ogah terjun ke dunia politik. Dia blak-blakan menyebut lebih enak bekerja sebagai pengusaha. Sebab, gaji sebagai pejabat publik terlampau kecil.

Selain itu, Gibran juga dilarang mengurus bisnisnya setelah resmi dilantik menjadi Wali Kota Solo. Sejak Februari 2021, Gibran harus fokus mengurus warga Solo.

"Saya kan tahu nih Mas Gibran, gaji Wali Kota (Solo) berapa. (Saat dibandingkan) sama saya hmm.. kasihan. Sudah gajinya segitu, kena COVID-19 lagi," kelakar Kaesang pada September 2021 dalam program di YouTube tersebut.

 

Baca Juga: Kaesang Kepincut Politik, Hasto: Silahkan Ajukan Permohonan Tertulis ke PDIP

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya