Gibran Mau Dagang Lagi Jika Tak Maju di 2024

Gibran sudah punya rencana jika tak ikut Pilkada

Jakarta, IDN Times - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku akan kembali berdagang jika tak maju dalam Pilkada di 2024 mendatang. Gibran mengatakan pilihan untuk maju dalam Pilkada bukan berada di tangannya melainkan kehendak rakyat. 

"Kalau tidak dicalonkan, tidak dipilih oleh warga, saya akan kembali berdagang seperti dulum," kata Gibran dalam wawancara khusus bersama Pemimpin Redaksi IDN Times, Uni Lubis, Kamis (16/3/2023). 

1. Gibran nothing to lose kalau tak menjabat wali kota

Gibran Mau Dagang Lagi Jika Tak Maju di 2024Wawancara khusus Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka di acara Real Talk with Uni Lubis di Mangkunegaran, Surakarta, Kamis (16/3/2023). (IDN Times/Reynaldy Wiranata & Gilang Pandutanaya)

Putra sulung Presiden Joko "Jokowi" Widodo itu mengaku tidak mencari apa-apa dalam jabatannya sebagai wali kota saat ini. Dia juga mengaku legowo jika tak kembali maju dalam Pilkada 2024. 

"Santai saja, saya tidak menjabat lagi juga tidak apa-apa. Saya kalah pun enggak apa-apa. Saya kembali ke habitat yang lama, nothing to lose. Saya juga di sini tidak mencari apa-apa," ujarnya. 

Gibran mengaku tidak memiliki dasar menjalani pemerintahan karena berawal dari pengusaha. Menurutnya, kehendak rakyat yang membuatnya menjabat sebagai Wali Kota Solo seperti sekarang ini. 

"Latar belakang saya kan bukan di pemerintahan. Saya bisa di mana saja dan memang akarnya di swasta," kata Gibran.

Baca Juga: Pesan Gibran ke Wali Kota Solo Pengganti: Bisa Fokus Non Fisik

2. Gibran tetap komunikasi intens dengan ketum Partai

Gibran Mau Dagang Lagi Jika Tak Maju di 2024Wawancara khusus Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka di acara Real Talk with Uni Lubis di Mangkunegaran, Surakarta, Kamis (16/3/2023). (IDN Times/Reynaldy Wiranata & Gilang Pandutanaya)

Meski mengaku tak berniat maju dalam Pilkada 2024, Gibran mengatakan komunikasi intens dengan para ketua umum (Ketum) partai politik tetap berjalan. Dia juga menuturkan komunikasi yang intens terbangun dengan Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum Gerindra Prabowo Subianto, bahkan dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. 

Kendati begitu, dia menyebut komunikasi dengan Megawati belum tertuju pada Pilkada 2024. 

"Kalau sekarang kan fokus ke Pilpres dan Pileg dulu. Itu instruksi beliau," ucapnya. 

3. Kans Gibran digandeng Prabowo di Gerindra

Gibran Mau Dagang Lagi Jika Tak Maju di 2024Prabowo bertemu dengan Gibran. (dok. Gerindra)

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, menyatakan siap mendukung Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka maju ke Pemilihan Gubernur 2024 mendatang.

Hal tersebut disampaikan oleh Prabowo usai makan malam bersama Gibran keluarga di rumah dinas Walikota, Loji Gandrung, Selasa (24/1/2023).

Menteri Pertahanan tersebut mengatakan jika Gibran merupakan sosok yang potensial untuk maju sebagai calon gubernur 2024 mendatang.

"Saya lihat beliau pemimpin muda sangat potensial, Kami selalu akan mendukung pemimpin-pemimpin yang dinamis yang bekerja keras untuk rakyat dan kami cocok dengan Mas Gibran," katanya.

Menanggapi hal ini, Gibran tak mau bicara banyak terkait dukungan Prabowo terhadap dirinya maju dalam Pilgub. 

"Dari awal beliau (Prabowo) memang mendukung. Tapi itu nanti saja ya, kami senang banyak yang dukung tapi itu nanti saja," tuturnya. 

Baca Juga: Punya Harta Rp26 M, Gibran: Itu Uang Saya Sebelum Jadi Wali Kota Solo

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya