Golkar, PAN dan PPP Siap Bangun Koalisi 'Bertiga Bersatu' Jelang 2024

Ketiga ketua umum merasa nyaman

Jakarta, IDN Times - Tiga ketua umum partai politik (parpol) yakni Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) bertemu di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (12/5/2022).

Dalam pertemuan ini, ketiga parpol disebut bakal berkoalisi dalam Pemilu 2024.

“Insyaallah koalisi 2024,” kata Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, saat ditemui wartawan.

Sinyal koalisi untuk 2024 juga diamini Ketua Umum PPP, Suharso Monoarfa. Dia menyebut kemungkinan PPP dengan Golkar dan PAN maju bersama dalam Pilpres 2024.

“Insyaallah ya (koalisi). Kemungkinan nambah mungkinlah koalisinya,” ujar Suharso.

Baca Juga: Yorrys Raweyai Akui Ada Gerakan Mau Gulingkan Airlangga di Golkar

1. Koalisi Golkar, PPP dan PAN: Bertiga Bersatu

Golkar, PAN dan PPP Siap Bangun Koalisi 'Bertiga Bersatu' Jelang 2024Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto bertemu dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Umum PPP Soeharso Monoarfa di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (12/5/2022). (IDN Times/Melani Putri)

Airlangga menyebut koalisi ketiga partai itu dinamakan "Bertiga Bersatu". Dia mengatakan slogan itu merupakan lambang dari persatuan ketiga parpol tersebut.

“Namanya Bertiga Bersatu. Bersatunya adalah Beringin, Matahari, dan Ka'bah,” tuturnya.

2. PAN akui nyaman dengan Golkar dan PPP

Golkar, PAN dan PPP Siap Bangun Koalisi 'Bertiga Bersatu' Jelang 2024Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto bertemu dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Umum PPP Soeharso Monoarfa di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (12/5/2022). (IDN Times/Melani Putri)

Sementara, Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, mengaku nyaman dengan pertemuan antara Golkar dan PPP. Zulhas berharap koalisi tiga parpol ini bisa membuat tenang Indonesia.

Dia juga ikut mengamini terkait koalisi antara tiga partai tersebut.

“Nyaman untuk Indonesia 2024,” tutur Zulkifli.

Baca Juga: Nurul Arifin Soal Konflik Golkar: Isu Murahan Jelang Pilpres

3. Masih atur strategi, belum ada nama capres

Golkar, PAN dan PPP Siap Bangun Koalisi 'Bertiga Bersatu' Jelang 2024Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Airlangga mengaku akan melakukan pertemuan selanjutnya dengan Ketua Umum PAN dan PPP. Masing-masing partai disebut mempersiapkan strategi untuk maju Pilpres 2024.

“Kerja sama tiga partai ini di tingkat nasional, provinsi, kabupaten, kota. Kita mulai menyamakan program,” tutur dia.

Kendati, baik Airlangga, Suharso, maupun Zulkifli belum buka suara terkait calon presiden atau capres yang bakal diusung ketiga parpol dalam Pemilu 2024.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya