Hasto: PDIP Bisa Maju Sendiri, Kami Tak Ikut Dansa Politik

PDIP bisa mengajukan calon sendiri

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, partainya tak terburu-buru dalam memilih koalisi untuk Pemilu 2024. Sebab, PDIP sudah memiliki modal awal lolos presidential thresold karena menduduki 128 kursi di DPR.

Hasto mengatakan, dukungan masyarakat kepada PDIP sudah cukup baik sebagai modal awal maju dalam kontestasi politik 2024. Dia menyebut PDIP lebih fokus meningkatkan tingkat kepercayaan rakyat ketimbang berkoalisi dengan parpol lain.

“Modal yang diberikan oleh rakyat kepada PDIP untuk bisa mengusung sendiri tentu saja menjadi modal politik yang sangat penting, dan karena itulah kami tidak ikut dansa dansa politik,” kata Hasto saat ditemui wartawan di Jakarta, Jumat (20/5/2022).

1. PDIP tetap akan berkoalisi untuk Pilpres 2024

Hasto: PDIP Bisa Maju Sendiri, Kami Tak Ikut Dansa PolitikIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Kendati demikian, Hasto mengaku pihaknya tetap akan berkoalisi untuk maju di Pilpres 2024. Namun Hasto enggan bersuara soal partai mana yang akan digandeng pihaknya untuk turut berjuang bersama.

“Koalisi ini kan harus didasarkan pada aspek ideologis, ada strategic culture, di situ ada kesesuaian platform dan juga bagaimana agenda di dalam merespons persoalan bangsa untuk dijawab pada Pemilu 2024 mendatang,” ujar Hasto.

“Tapi terkait kerja sama untuk Pemilu 2024, nanti ada waktunya. Ada momentum politiknya untuk ditetapkan,” sambung dia.

Baca Juga: PDIP Sentil Koalisi Golkar-PAN-PPP: Jangan Kontestasi Terlalu Awal

2. PDIP disebut bakal maju bersama Gerindra

Hasto: PDIP Bisa Maju Sendiri, Kami Tak Ikut Dansa PolitikIlustrasi pasangan Prabowo Subianto-Puan Maharani (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Sebelumnya PDIP dan Partai Gerindra disebut-sebut bakal maju bersama dalam Pilpres 2024. Pasangan calon yang sering dimunculkan oleh lembaga survei dari PDIP-Gerindra yakni Prabowo Subianto-Puan Maharani.

Keduanya juga diketahui beberapa kali bertemu dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Namun hingga kini, kedua pihak belum mendeklarasikan koalisi.

Ketika ditanyai kans koalisi PDIP-Gerindra, Hasto hanya menyebut akan membangun kekuatan politik dengan seluruh parpol yang memiliki kesamaan visi misi dan rekam jejak yang kuat.

“PDIP membangun kekuatan gotong royong dengan seluruh partai terutama yang memiliki rekam jejak yang kuat bagi sejarah perjuangan bangsa,” ujar Hasto.

3. Tak takut tertinggal ‘kereta’ koalisi

Hasto: PDIP Bisa Maju Sendiri, Kami Tak Ikut Dansa PolitikKetua Umum Golkar Airlangga Hartarto bertemu dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (12/5/2022). (IDN Times/Melani Putri)

Belum lama ini, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yakni Golkar, PAN, PPP, baru saja melangsungkan pertemuan. Meski belum mendeklarasikan koalisi secara resmi, ketiga parpol tersebut mengatakan bakal terus berkomunikasi terkait persiapan Pemilu 2024.

Sementara PDIP sendiri, sebagai parpol pemenang Pemilu 2019 mengklaim belum melakukan penjajakan partai. Hasto mengatakan pihaknya saat ini masih fokus untuk meningkatkan prestasi pemerintah.

Dia juga mengatakan tak takut tertinggal ‘kereta’ koalisi karena PDIP memiliki modal besar maju di Pilpres 2024.

“Energi kita fokusnya untuk rakyat saat ini. Ada waktunya untuk membangun kerja sama dengan parpol, tapi itu nanti,” kata Hasto.

Baca Juga: PDIP soal Koalisi di Pilpres 2024: Banyak Parpol Mau Gabung 

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya