Comscore Tracker

Internal KIB Bahas Sosok Ini Jadi Cawapres Airlangga Hartarto

Airlangga Hartarto akan menjadi calon Presiden dari KIB

Jakarta, IDN Times — Ketua DPD Jawa Barat Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily, mengatakan, sosok calon Wakil Presiden (cawapres) untuk mendampingi Ketua Umum (Ketum) Golkar, Airlangga Hartarto, sudah dibahas dalam internal Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Mereka adalah Ketum PAN, Zulkifli Hasan atau Ketum PPP, Suharso Monoarfa. 

"Pembahasan itu (cawapres) nanti akan pada saatnya dibahas," kata Ace, di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (10/8/2022).

1. KIB bakal usung dari internal partai

Internal KIB Bahas Sosok Ini Jadi Cawapres Airlangga HartartoMendag, Zulkifli Hasan (Zulhas) memastikan peluncukan MinyaKita dilakukan Rabu (6/7/2022). (dok. Humas Kemendag)

Ace mengatakan, pihaknya bakal mengusung sosok internal terbaik dari KIB. Menurutnya, hal itu akan menjadi bentuk semangat dalam membangun sebuah koalisi.

"Yang harus menjadi catatan penting adalah bahwa kami menunjukkan KIB ini mencalonkan kader internal partai. Itu semangat yang mau dibangun KIB," kata dia.

Baca Juga: Kompak! KIB Daftar Jadi Peserta Pemilu 2024 ke KPU

2. KIB bakal pilih Airlangga jadi capres

Internal KIB Bahas Sosok Ini Jadi Cawapres Airlangga HartartoKetum PAN Zulikfi Hasan (kiri), Ketum Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketum PPP Suharso Monoarfa, datang bersamaan ke KPU untuk mendaftar parpol peserta Pemilu 2024, Rabu (10/8/2022). (IDN Times/Melani Putri)

Terkait calon Presiden (capres), KIB disebut sudah menyetujui Airlangga Hartarto untuk maju dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Ace juga optimistis Golkar bersama KIB akan memenangkan Pemilu 2024 mendatang.

“Tentu kalau kita kemarin juara dua, mana mungkin kita punya target kembali ke juara 2. Ya, juara satu dong,” kata dia.

Baca Juga: KIB Datang Bareng ke KPU, Airlangga Hartarto Sempat Sulit Masuk

3. Arsul Sani sebut cawapres KIB bisa Ketum PAN atau PPP

Internal KIB Bahas Sosok Ini Jadi Cawapres Airlangga HartartoWakil Ketua Umum PPP, Arsul Sani di Kompleks Parlemen Jakarta, Senin (29/11/2021). (IDN Time/Sachril Agustin)

Sebelumnya, Wakil Ketua PPP, Arsul Sani, mengatakan, KIB mengutamakan kader internal untuk dapat diusung dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Namun demikian, KIB juga tidak menutup pintu dengan tokoh eksternal.

"Kami akan melirik yang ada di dalam. Tapi kami juga tidak menutup mata atau menutup pintu sama sekali dari kemungkinan yang dari luar KIB," kata Wakil Ketua Umum PPP, Arsul Sani, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (9/8/2022).

Arsul mengatakan, dari kalangan internal KIB, sudah ada nama Ketum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, yang didorong untuk menjadi capres.

"Apakah nanti akan dipasangkan dengan ketua umum PAN atau ketua umum PPP nanti ya kita lihat," ujar Arsul.

Baca Juga: KIB Pawai Saat Daftar ke KPU, Jalan Imam Bonjol ke Bundaran HI Ditutup

Topic:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya