Isi Kesepakatan PKS-NasDem soal Sinyal Koalisi di Pilpres 2024

PKS-NasDem buat tiga kesepakatan 

Jakarta, IDN Times — Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai NasDem baru saja melangsungkan pertemuan di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, pada Rabu (22/6/2022).

Kedua ketua umum partai politik ini bertemu dan disebut menyepakati beberapa hal terkait Pemilu 2024.

1. Kedua partai bertemu untuk silaturahmi

Isi Kesepakatan PKS-NasDem soal Sinyal Koalisi di Pilpres 2024Ketua Umum Nasdem Surya Paloh dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu di Nasdem Tower, Jakarta, Rabu (22/6/2022). (IDN Times/Melani Putri)

Kedua partai politik ini bertemu untuk silaturahmi. Sekretaris Jenderal Partai NasDem, Johnny G. Plate, mengatakan pertemuan pihaknya dan PKS dalam rangka membicarakan kesamaan pandangan dalam menyambut Pemilu 2024.

“Dalam pertemuan disepakati untuk menyatukan dan menyamakan visi tentang kehidupan bangsa dan negara dewan ini,” kata Johnny usai pertemuan.

Baca Juga: PKS Sambangi Surya Paloh, Nasdem: Kami Jadi Teman Curhat Kebangsaan

2. Isi kesepakatan PKS-NasDem

Isi Kesepakatan PKS-NasDem soal Sinyal Koalisi di Pilpres 2024Petinggi PKS tiba di Kantor Nasdem, Jakarta, Rabu (22/6/2022). (IDN Times/Melani Putri)

Johnny juga membacakan isi kesepakatan dalam pertemuan PKS-NasDem yang disebut berlangsung hangat dan bersahabat tersebut.

Johnny mengaku, kedua pihak bersepakat untuk membangun kesadaran masyarakat Indonesia berpaku pada nilai-nilai Pancasila.

“Membangun kesadaran masyarakat untuk tetap mengungkapkan harkat martabat dirinya sebagai warga negara dalam nilai-nilai Pancasila di atas kepentingan kelompok dan golongan,” kata Johnny.

Kemudian, kedua pihak juga sepakat untuk menjadikan Pemilu 2024 sebagai instrumen demokrasi yang toleran dan menjadi pemersatu bangsa.

Terakhir, kedua pihak menyepakati untuk bekerja sama dalam Pilpres 2024.

“Menyepakati persiapan kerja sama Pilpres 2024 dalam waktu yang ditentukan bersama,” tuturnya.

3. PKS bakal terus berkomunikasi dengan NasDem

Isi Kesepakatan PKS-NasDem soal Sinyal Koalisi di Pilpres 2024Sekjen PKS Habib Aboe Bakar dan Ketua DPP Partai Nasdem Effendi Choirie di Nasdem Tower, Jakarta, Rabu (22/6/2022). (IDN Times/Melani Putri)

Presiden PKS, Ahmad Syaikhu, mengatakan bakal terus membangun komunikasi dengan NasDem. Pembicaraan antara dua pihak disebut bakal lebih teknis terkait persiapan Pemilu 2024.

“Bukan hari ini saja kami bersilaturahmi, tapi Insyaalah akan kita tindaklanjuti dalam tataran tingkat elite politik dalam kaitan yang lebih teknis,” tuturnya.

Baca Juga: Kata NasDem soal 'Kawin Paksa' 3 Bakal Capres yang Direkomendasikan

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya