Isi Perbincangan AHY-Surya Paloh di Acara Nikahan Anak Anies Baswedan

AHY berdiskusi dengan Surya Paloh dan Sohibul Iman

Jakarta, IDN Times — Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) diketahui menghadiri acara pernikahan putri dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Dalam acara itu, AHY berbincang dengan beberapa elite partai politik seperti Ketua Umum NasDem Surya Paloh, dan Ketua Umum PKS Sohibul Imam.

“Ketum AHY didampingi Sekjen Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya juga sempat berbincang akrab dengan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh dan mantan Presiden PKS, Sohibul Iman, ketika bertemu,” kata Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat Herzaky Mahenda Putra, disitat Minggu (30/7/2022).

1. Isi pembicaraan AHY dengan Ketum NasDem dan PKS

Isi Perbincangan AHY-Surya Paloh di Acara Nikahan Anak Anies BaswedanKetum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono didamping Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat bertemu Ketum Nasdem Surya Paloh pada Minggu (5/6/2022) malam. (IDNTimes/Istimewa)

Herzaky mengungkap ketiga tokoh itu sempat beralih duduk bersama di meja VVIP selama beberapa waktu sambil berdiskusi serius. Ketiganya disebut memiliki chemistry yang terjalin baik.

“Dalam diskusi bertiga ini, pembicaraan di antaranya lebih banyak mengenai situasi bangsa terkini dan kesulitan yang sedang dihadapi rakyat,” kata Herzaky.

Ketiganya juga disebut membicarakan koalisi Pemilu 2024 meski tak secara spesifik dijelaskan ke mana arah koalisi Partai Demokrat, Partai NasDem, dan PKS.

“Kalau terkait koalisi, sempat dibahas tipis-tipis saja. Termasuk rencana pertemuan ke depannya,” ujar Herzaky.

Baca Juga: Elite NasDem Usul Duet Anies-AHY, Demokrat Mengaku Nyaman

2. AHY bersilaturahmi dengan beberapa tamu lain

Isi Perbincangan AHY-Surya Paloh di Acara Nikahan Anak Anies BaswedanAnies Rasyid Baswedan saat menikahkan secara langsung Ali Huraebi dan Mutiara Baswedan. (Dok. Panitia pernikahan putri Anies Baswedan).

Dalam kesempatan itu, AHY juga bersilaturahmi dengan tamu undangan lainnya yang hadir.

Tampak hadir Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara dan Wakil Presiden Maruf Amin beserta istri. Terlihat juga Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) turut hadir. Demikian juga dengan Wakil Presiden RI periode ke-10 dan Ke-12 Jusuf Kalla bersama istri.

Hadir pula sejumlah pejabat dan pimpinan kementerian/lembaga lainnya serta politisi, dan pimpinan partai politik.

Di antaranya Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoe, Menteri Kelautan dan Perikanan 2014-2019 Susi Pudjiastuti, dan para pejabat lainnya.

“Senang sekali dalam acara tadi, sekaligus saya bersilaturahmi dan bertemu dengan para tokoh senior, para mentor politik, para sahabat mitra demokrasi. Barokallah insya Allah,” kata AHY.

Baca Juga: Ini Hasil Pertemuan Politik AHY dan Prabowo di Kertanegara

3. Intens komunikasi Demokrat-PKS-NasDem

Isi Perbincangan AHY-Surya Paloh di Acara Nikahan Anak Anies BaswedanKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tiba di Nasdem Tower, Kamis (23/6/2022). (IDN Times/Melani Putri)

Partai NasDem diketahui memiliki kedekatan dengan Partai Demokrat dan PKS. Ketiganya telah bertemu di NasDem Tower pada beberapa waktu lalu membicarakan langkah kerja sama untuk 2024.

Juru Bicara PKS, M Kholid, mengatakan komunikasi dengan parpol lain kini sering dilakukan, terutama dengan Partai Demokrat dan Partai NasDem.

"Tentu kita saat ini sedang intensif membangun komunikasi dengan NasDem, dengan Demokrat, tetapi tidak close dengan yang lain," ujar Kholid di Kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Selasa (26/7/2022).

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya