Isi Pertemuan SBY-JK di Cikeas, Mulai Bahas Politik Masa Depan

Pertemuan mengenang masa lalu 

Jakarta, IDN Times — Mantan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla diketahui bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di kediamannya Cikeas, Jawa Barat pada Kamis (23/6/2022).

Dalam pertemuan itu, Jusuf Kalla diketahui tiba pukul 09.45 WIB dan langsung disambut SBY.

1. Pertemuan mengenang masa lalu

Isi Pertemuan SBY-JK di Cikeas, Mulai Bahas Politik Masa DepanJusuf Kalla saat tiba di kediaman SBY di Cikeas, Kamis (23/6/2022). (Dok/Istimewa)

Dalam sebuah unggahan video yang diterima IDN Times, SBY-JK terlihat akrab mengobrol di sebuah ruangan. Keduanya  mengenang masa lalu saat menjadi pasangan capres-cawapres pada 2004-2008.

“Pertemuan di antara dua sahabat tersebut berlangsung dalam suasana yang penuh keakraban, sambil mengenang kebersamaan masa lalu ketika sedang mengemban amanah rakyat,” kata Staf Pribadi Presiden RI Ke-6, Ossy Dermawan.

Baca Juga: SBY Dampingi AHY Bertemu Surya Paloh, Bahas Pemilu 2024

2. Keduanya tukar pikiran soal pandangan masa depan

Isi Pertemuan SBY-JK di Cikeas, Mulai Bahas Politik Masa DepanSBY dan JK saat bertemu di Cikeas, Jawa Barat, Kamis (23/6/2022). (Dok/Istimewa)

Ossy juga mengatakan, ada pembicaraan politik antara JK dan SBY dalam pertemuan itu. Dia mengatakan keduanya saling berbicara terkait pandangan negara di masa depan.

“Dalam pertemuan tersebut juga dilakukan tukar menukar pikiran dan pandangan menyangkut masa depan bangsa dan negara kita,” ujar Ossy.

“Meskipun keduanya tidak lagi aktif dalam kegiatan politik sehari-hari, namun masih terpanggil untuk ikut memikirkan jalan menuju Indonesia yang lebih baik dan lebih sejahtera,” dia menambahkan.

3. AHY sambangi Surya Paloh saat SBY bertemu JK

Isi Pertemuan SBY-JK di Cikeas, Mulai Bahas Politik Masa DepanKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tiba di Nasdem Tower, Kamis (23/6/2022). (IDN Times/Melani Putri)

Di saat bersamaan, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bertemu dengan Ketum Nasdem Surya Paloh di Nasdem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat.

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengakui punya banyak chemistry dengan Partai Demokrat. Menurutnya keserasian dengan Partai Demokrat makin menguat setelah tiga kali pertemuan.

“Chemistry itu ada, modal dasar yang bisa dikapitalisasi untuk sesuatu,” kata Surya Paloh usai bertemu Demokrat.

Meski sudah memiliki chemistry yang kuat, Surya Paloh enggan membicarakan soal koalisi dengan Demokrat termasuk dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Pemilu 2024.

Paloh hanya menekankan bahwa ada kemungkinan besar Nasdem-Demokrat-PKS bakal bersatu di 2024 karena sudah ada chemistry dengan partai politik.

"Kemungkinan koalisi itu sudah ada, cuman belum pada hari ini (koalisi). Tapi kemungkinan itu ada, cukup besar,” ujarnya.

Baca Juga: AHY Sambangi Nasdem Tiga Kali, Mulai Bicara Capres 2024

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya