Isu Ketum PAN Akan Gantikan Suharso Jadi Menteri PPN, Ini Kata PPP

PAN disebut belum dapat jatah di kabinet

Jakarta, IDN Times — Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Ahmad Baidhowi buka suara soal isu yang menyebutkan, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa akan digantikan oleh Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan dalam reshuffle kabinet.

Baidhowi mengatakan, tidak masalah jika kursi Ketum PPP Suharso Monoarfa digantikan oleh PAN yang baru saja masuk dalam kabinet Jokowi.

“Kalau bagi PPP tidak ada masalah, Beliau menjadi menteri di bidang ATR atau apa silakan saja, itu menjadi hak prerogatif Presiden Jokowi,” kata Baidhowi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (14/6/2022).

Baca Juga: PAN soal Kabar Reshuffle Kabinet 15 Juni: Belum Ada Pemberitahuan

1. PAN belum dapat jatah kursi di kabinet

Isu Ketum PAN Akan Gantikan Suharso Jadi Menteri PPN, Ini Kata PPPKetua Umum PAN, Zulkifli Hasan atau Zulhas saat berpidato dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II PAN, Selasa (31/8/2021). (dok. PAN)

Baidhowi juga menyinggung perihal PAN yang saat ini belum mendapat jatah kursi di kementerian. Menurutnya, PAN bisa saja bergabung dengan kabinet setelah masuk koalisi pemerintahan.

“PAN masuk koalisi sampai saat ini mungkin dilihatnya belum dapat ‘jatah kue’ di kabinet, namun demikian, PAN bisa saja deal politik dengan presiden, kan kita gak tahu,” ujar Baidhowi.

Terkait isu reshuffle kabinet yang mulai santer terdengar beberapa waktu belakangan, Baidhowi kembali menegaskan, reshuffle merupakan hak Presiden Jokowi sepenuhnya.

“Presiden yang mengetahui dan memiliki catatan mana performa kabinet yang baik, yang maksimal, mana performa kabinet yang kurang baik,” ucapnya.

2. Jokowi bakal lihat kondisi Indonesia saat ini

Isu Ketum PAN Akan Gantikan Suharso Jadi Menteri PPN, Ini Kata PPPPresiden Joko Widodo bersiap memberikan keterangan pers terkait COVID-19 di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3/2020) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Baidhowi juga menyebut, Presiden Jokowi pasti akan melihat kondisi Indonesia saat ini baik dari segi perekonomian atau sosial. Penilaian itu digunakan untuk melihat kementerian mana yang perlu diperbarui.

“Tentu Presiden Jokowi akan melihat pengalaman pemerintahan di Indonesia selama dua tahun terakhir, khususnya di era pandemik,” ujar dia.

3. PPP tak keberatan ada reshuffle kabinet

Isu Ketum PAN Akan Gantikan Suharso Jadi Menteri PPN, Ini Kata PPPIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Terkait kemungkinan pergantian kursi menteri PPN, Baidhowi mengaku pihaknya tak keberatan dengan kabar reshuffle itu.

Dia yakin bahwa Presiden Jokowi bakal menilai situasi dengan baik dan memperhatikan kinerja kabinetnya.

“Apa boleh buat wong hak prerogatif presiden. Presiden Jokowi lah yang mengetahui parameter sendiri dalam mengukur kinerja kabinetnya, khususnya bidang ekonomi,” tutur dia.

Baca Juga: Respons Airlangga soal Isu 15 Juni 2022 Ada Reshuffle Kabinet

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya