Jelang Natal dan Tahun Baru, DPR Sorot ‘Permainan Tiket’ Transportasi

DPR minta pemerintah siapkan sanksi

Jakarta, IDN Times — Anggota Komisi V DPR RI, Sri Wahyuni, menyoroti kecenderungan kenaikan harga tiket transportasi menjelang momen Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Dia menyebut, harga tiket biasanya tiba-tiba melonjak dan terkadang tidak masuk akal.

“Sudah saya sampaikan bahwa untuk hari-hari besar tolong jangan suka memainkan harga tiket,” kata Sri di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (29/11/2022).

Baca Juga: Tiket Kereta Api untuk Masa Nataru Masih Tersedia, Buruan Pesan! 

1. DPR akan bahas soal tiket transportasi

Jelang Natal dan Tahun Baru, DPR Sorot ‘Permainan Tiket’ TransportasiTerminal Pulogebang. (Dok/istimewa)

Politikus asal NasDem ini menyebut, DPR akan membahas secara khusus tentang harga tiket transportasi menjelang Nataru. Agenda ini direncanakan berlangsung pada pekan depan.

“Nanti pada kesempatan rapat dengan pihak-pihak terkait mengenai tiket nanti akan kami sampaikan lagi hal itu ya,” kata dia.

Baca Juga: Tiket KA Libur Natal dan Tahun Baru dari Jogja Hari Ini Dijual   

2. Sorot harga tiket pesawat

Jelang Natal dan Tahun Baru, DPR Sorot ‘Permainan Tiket’ TransportasiAktivitas selama Mudik Lebaran 2022 di Bandara Soekarno-Hatta. (dok. Angkasa Pura II)

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Andi Iwan Darmawan Aras, menyoroti harga tiket pesawat menjelang libur Nataru.

Dia menjelaskan, harga tiket pesawat sudah diatur menggunakan ambang batas harga tertinggi dan terbawah. Dengan demikian, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bisa mengatur secara lebih rinci besaran tiket Pesawat sesuai dengan maskapainya.

“Soal tiket pesawat ini memang sudah diatur untuk ambang harga tertinggi dan terbawah. Jadi, saya kira dari Kemenhub tinggal kita awasi cara kerja dari maspakai masing-masing seperti apa,” kata Andi.

3. DPR akan awasi oknum di tiket transportasi

Jelang Natal dan Tahun Baru, DPR Sorot ‘Permainan Tiket’ TransportasiAktivitas selama Mudik Lebaran 2022 di Bandara Soekarno-Hatta. (dok. Angkasa Pura II)

Andi juga menegaskan, pihaknya akan terus melakukan pengawasan kepada pemerintah menjelang Nataru. Pasalnya, Andi menilai perlu disiapkan sanksi kepada oknum yang mengambil keuntungan pribadi dari naiknya harga tiket transportasi.

“Untuk sanksi ini, tentu sesuai dengan aturan yang sudah diterapkan walaupun kemudian naiknya harga avtur ini dari pihak Kemenhub sudah memberikan relaksasi dalam hal tersebut,” ucapnya.

Baca Juga: Jadwal Kereta Libur Nataru Ditambah, Buruan Pesan!

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya