Jokowi Sindir Partai Tak Lolos Pemilu: Itu 100 Persen Urusan KPU!

Jokowi 'gerah' kerap dikaitkan dengan verifikasi KPU

Jakarta, IDN Times — Presiden Joko “Jokowi” Widodo menyindir partai yang tak lolos verifikasi faktual parpol peserta Pemilu 2024. Dia menyebut seringkali partai tak lolos verifikasi faktual di KPU ini menyalahkan presiden.

Jokowi menegaskan, partai tak lolos pemilu merupakan 100 persen urusan KPU sebagai penyelenggara Pemilu. Dia mengatakan tak ada urusan antara partai tak lolos pemilu dengan Istana.

“Ini repotnya urusan lolos dan tidaknya peserta Pemilu tahun 2024 itu kan sebetulnya urusan KPU, 100 persen urusan KPU. Tapi yang dituduh-tuduh karena tidak lolos langsung tunjuk itu ‘Istana ikut campur’, ‘kekuatan besar ikut campur’, ‘kekuatan besar intervensi’,” kata Jokowi.

Politikus PDIP ini meminta publik untuk tidak cepat mengambil kesimpulan terkait dengan Pemilu 2024. Apalagi, kata dia, mengaitkan Pemilu 2024 dengan pengaruh Jokowi.

“Jadi memang repot kita yang duduk di Istana ini keliatan gak ada benernya terus orang gampang curiga, di sana orang paling gampang nuduh ya ke Istana,” ujarnya.

Diketahui dari 18 parpol calon peserta pemilu, Partai Ummat satu-satunya yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS). Hasil itu disampaikan langsung dalam rekapitulasi nasional hasil verifikasi dan penetapan partai politik calon peserta Pemilu 2024 yang digelar di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (14/12/2022).

Sebanyak 17 parpol yang lolos sebagai partai peserta pemilu sudah mendapatkan nomor urut parpol sesuai dengan nomor urut pada Pemilu 2019 lalu.

Baca Juga: Istana Selalu Dikaitkan Isu Capres, Jokowi: Paling Mudah Nyalahin Presiden

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya