Jusuf Kalla Terima Bintang Jasa dari Pemerintah Jepang

Mengunjungi kaisar, JK pakai pakaian adat Teluk Belangga

Jakarta, IDN Times — Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12, M. Jusuf Kalla mendapat penghargaan tertinggi dari pemerintah Jepang, pada hari ini, Selasa (10/5/2022).

Pemerintah Jepang menganugerahkan bintang jasa kepada Jusuf Kalla. Adapun bintang tanda jasa yang disematkan pada JK adalah “Grand Cordon of the Order of the Rising Sun”.

Penghargaan akan diserahkan langsung oleh Kaisar Jepang Naruhito. Prosesi penganugerahan berlangsung pada pagi ini di Istana Kaisar Jepang.

1. JK pakai pakaian adat ke Jepang

Jusuf Kalla Terima Bintang Jasa dari Pemerintah JepangJusuf Kalla dibanti anak dan istrinya menggunakan pakaian adat sebelum menemui Kaisar Jepang. (dok. Istimewa)

Bertandang ke Jepang, JK didampingi oleh sang istri, Mufidah Jusuf Kalla. Rombongan diketahui memasuki areal kawasan Istana Kaisar sekitar pukul 09.30 waktu Tokyo, Jepang.

Saat menerima penghargaan dari pemerintah Jepang, M. Jusuf Kalla, memakai pakaian Adat Teluk Belanga.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan PLTA di Poso dan Malea Milik Jusuf Kalla

2. JK dianggap turut berkontribusi dalam hubungan Jepang-Indonesia

Jusuf Kalla Terima Bintang Jasa dari Pemerintah JepangJusuf Kalla saat memberikan pesan di Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI pada Selasa (17/8/2021). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Pemberian bintang jasa ini diberikan karena JK dianggap berkontribusi meningkatkan hubungan persahabatan Jepang-Indonesia saat menjadi Wakil Presiden RI.

“Memberikan kontribusi bagi peningkatan hubungan dan persahabatan antara Jepang dan Indonesia,” kutip laman Kedutaan Jepang untuk Indonesia.

Selama masa jabatannya, JK dinilai konsisten membantu melakukan koordinasi atas berbagai hal yang sulit baik di dalam maupun di luar kabinet. JK juga berkontribusi dalam terjalinnya hubungan baik dengan kalangan politik dan ekonomi di Jepang.

3. Tokoh lain yang terima bintang jasa dari Jepang

Jusuf Kalla Terima Bintang Jasa dari Pemerintah Jepang(Gubernur Provinsi DI Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubowono X) IDN Times/Daruwaskita

Diketahui ada tiga orang yang menapatkan tanda bintang jasa dari pemerintah Jepang. Selain JK, dua orang lainnya adalah Sri Sultan Hamengkubowono X, Gubernur DIY, dan Yusron Ihza Mahendra, eks Duta Besar RI untuk Jepang.

Sultan Yogyakarta pada kali ini menerima tanda bintang jasa bergelar “The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star. Pemberian pengharagaan kepada Sultan Yogyakarta karena dirinya dinilai memberikan kontribusi bagi peningkatan hubungan, pertukaran antar daerah, dan saling pengertian.

Gelar tanda jasa yang sama juga disematkan untuk Yusron Ihza Mahendera. Dia dinilai telah memberikan kontribusi bagi peningkatan hubungan Jepang-Indonesia dan interaksi anggota parlemen kedua negara.

Baca Juga: AHY Temui Jusuf Kalla Minta Saran soal Polemik Demokrat

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya