Kabar Aliran Dana Ferdy Sambo ke DPR, MKD Bakal Panggil IPW dan Mahfud

IPW dipanggil imbas kabar aliran dana Ferdy Sambo ke DPR

Jakarta, IDN Times — Wakil Ketua Majelis Kehormatan Dewan (MKD), Habiburokhman, ingin mengundang Ketua Indonesia Police Watch (IPW), Sugeng Teguh Santoso, dan Menko Polhukam, Mahfud MD, ke DPR imbas kasus Ferdy Sambo.

Pemanggilan keduanya dilakukan setelah pimpinan MKD mengadakan rapat pleno terkait kasus Ferdy Sambo.

“Rapat Pimpinan dan Rapat Pleno MKD DPR RI pagi ini memutuskan untuk mengundang Ketua Indonesia Police Watch (IPW) dan Menkopolhukam Mahfud MD terkait kasus Ferdi Sambo,” ujar Habiburokhman dalam keterangan tertulis, Kamis (18/8/2022).

1. IPW dipanggil imbas kabar aliran dana Ferdy Sambo ke DPR

Kabar Aliran Dana Ferdy Sambo ke DPR, MKD Bakal Panggil IPW dan MahfudRumah dinas Ferdy Sambo di Komplek Polri, Duren Tiga Utara 1, Nomor 46, Jakarta Selatan, pada Senin (18/7/2022). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Habiburokhman mengatakan, dalam rapat pimpinan dan rapat pleno MKD DPR yang baru dilangsungkan hari ini, diputuskan untuk memanggil Mahfud dan Sugeng.

Pemanggilan IPW bertujuan untuk menjelaskan kabar aliran dana Ferdy Sambo ke anggota-anggota DPR.

“Kami baca di media online Pak Sugeng mengatakan ada informasi soal aliran dana ke DPR. Kami mau mendalami informasi yang dia maksud itu dari mana. Karena jika hal tersebut benar, maka itu merupkan pelanggaran hukum dan etika DPR,” kata Habiburokhman.

Baca Juga: Diduga Terus Pura-pura, Istri Ferdy Sambo Didesak Jadi Tersangka

2. Mahfud dipanggil imbas sebut ada skenario di kasus Ferdy Sambo

Kabar Aliran Dana Ferdy Sambo ke DPR, MKD Bakal Panggil IPW dan MahfudMenteri Koordinator bidang politik, hukum dan keamanan, Mahfud MD (www.instagram.com/@mahfudmd)

Sementara, pemanggilan Mahfud MD bertujuan untuk meminta penjelasan terkait kabar rancangan skenario dalam kasus Ferdy Sambo yang disebut-sebut oleh eks Hakim Mahkamah Konstitusi itu.

“Sementara Menkopolhukam atau ketua kompolnas di media menyatakan Sambo merancang skenario dengan menghubungi Kompolnas hingga anggota DPR RI,” ucapnya.

“Kami ingin mendapat informasi apakah ada anggota DPR yang terlibat merancang skenario yang dibuat Ferdy Sambo,” sambung dia.

3. Tanggapan Komisi III DPR soal aliran dana Ferdy Sambo

Kabar Aliran Dana Ferdy Sambo ke DPR, MKD Bakal Panggil IPW dan MahfudKapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran bertemu dengan Kadiv Propam Ferdy Sambo pada Rabu (13/7/2022). (dok. IDN Times/Istimewa)

Anggota Komisi III DPR RI Fraksi NasDem, Taufik Basari, merespons soal dugaan aliran dana dari tersangka kasus penembakan Brigadir J, Ferdy Sambo, ke DPR.

Ferdy Sambo disebut-sebut berupaya membungkam Komisi III DPR RI dalam kasus Brigadir J.

“Saya tidak tahu apakah ada hal seperti itu (aliran dana), yang jelas kalau dari segi waktu sepertinya tidak mungkin,” kata Taufik Basari saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Taufik menjelaskan alasan mengapa pihaknya tak banyak bersuara soal kasus penembakan Brigadir J. Menurutnya hal itu dikarenakan kondisi DPR yang kala itu sedang masa reses.

Maka dari itu, kata Taufik, anggota Komisi III agak kesulitan menghimpun data terkait kasus ini, karena sedang berada di daerah.

“Kenapa kemudian DPR dianggap tidak bersuara di kasus ini, karena ketika peristiwa itu terjadi kita sedang masa reses, dan ketika masa reses kita tidak bisa melakukan panggilan rapat rapat secara formal,” ujarnya.

Baca Juga: Istri Ferdy Sambo Sempat Kirim Foto Kondisi Brigadir J di Magelang 

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya