Kemendikbud Minta Kampus Edukasi Mahasiswa soal Pinjol

Ratusan mahasiswa IPB terjerat pinjol

Jakarta, IDN Times - Direktur Jenderal Dikti Ristek Kemendikbudristek, Nizam, merespons kasus ratusan mahasiwa Institut Pertanian Bogor (IPB) yang terjerat kasus pinjaman online (pinjol).

Nizam mengatakan pihaknya bersama perguruan tinggi akan meningkatkan literasi finansial mahasiswa, agar peserta didik tak terjerat pinjol.

“Kita prihatin dengan mahasiswa yang terjerat pinjol. Literasi finansial harus terus kita tingkatkan agar tak terjadi di masa depan,” kata Nizam dalam keterangan tertulis, Rabu (16/11/2022).

Baca Juga: Hati-hati! Pinjol Ilegal Berkedok Pinjol Legal Mencari Mangsa Nasabah

1. Kemendikbud minta mahasiswa diedukasi

Kemendikbud Minta Kampus Edukasi Mahasiswa soal PinjolMendikbud Nadiem Anwar Makarim dalam acara kerjasama Kemendikbud dengan Netflix (Dok.IDN Times/Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Ditjen Kemendikbudristek, Tjitjik Sire Tjahjandarie, mengatakan pihaknya telah berkomunikasi dengan Rektor IPB Arif Satria, terkait kasus pinjol yang menjerat banyak mahasiswa di kampusnya.

Kemendikbudristek juga telah meminta pihak kampus IPB untuk melakukan edukasi finansial.

“Kita telah berkomunikasi dengan rektor IPB dan Dikti, meminta perguruan tinggi untuk melakukan edukasi ke mahasiswa PT tentang literasi finansial,” kata Tjitjik.

2. Literasi finansial libatkan perbankan

Kemendikbud Minta Kampus Edukasi Mahasiswa soal PinjolGedung Rektorat IPB University di kampus IPB Dramaga Bogor. (ANTARA/HO/IPB)

Dalam memberikan pembekalan literasi finansial kepada mahasiswa, Tjijik mengatakan, kampus dapat melibatkan perbankan.

"Hal ini dapat melibatkan mitra-mitra profesional dari bank, untuk memberikan wawasan tentang pengelolaan keuangan bagi mahasiswa," ucapnya.

3. Mahasiswa tertipu pinjol, kerugian hingga miliaran rupiah

Kemendikbud Minta Kampus Edukasi Mahasiswa soal PinjolInstitut Pertanian Bogor (ipb.ac.id)

Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) menjadi tengah sorotan, karena dugaan ratusan mahasiswa tertipu kasus pinjol. Kerugian atas kasus tersebut ditaksir mencapai miliaran rupiah.

Rektor IPB Prof Arif Satria mengatakan, rektorat telah mengundang mahasiswa yang menjadi korban kasus ini guna menggali informasi yang sebenarnya terjadi. Turut hadir dekan dan pejabat IPB University lainnya.

Dari pertemuan itu didapatkan informasi bahwa mahasiswa IPB yang terlibat merupakan korban dugaan penipuan transaksi pinjol.

Hingga saat ini, sebanyak 116 mahasiswa IPB yang jadi korban pinjol, dari sekitar 300 mahasiswa sejumlah perguruan tinggi. Arif menegaskan, pada kasus ini tidak ada transaksi yang sifatnya individual yang dilakukan mahasiswa IPB.

Baca Juga: Tergiur Untung Besar, Ratusan Mahasiswa IPB Diduga Terjerat Pinjol

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya