KIB Buka Peluang Ajak Gerindra Gabung Koalisi

Golkar sudah bertemu elite  parpol di luar KIB

Jakarta, IDN Times — Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) disebut masih membuka peluang bagi partai politik yang ingin bergabung dalam koalisi. Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia mengaku pihaknya tidak menutup pintu koalisi meski KIB sudah bisa lolos presidential threshold untuk mengusung bakal capres-cawapres.

“Selama ini Golkar punya kebijakan ingin terus membangun komunikasi dengan sesama elite politik, sesama ketua umum partai politik,” kata Doli di Kompleks Parlemen, Jumat (7/7/2022).

Baca Juga: Koalisi dengan PKB Terancam Gagal, PKS: Kita Biasa Hadapi Seperti Ini

1. Buka peluang ajak Gerindra ke KIB

KIB Buka Peluang Ajak Gerindra Gabung KoalisiKetua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (tengah) (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

KIB belakangan disebut-sebut mengajak Gerindra untuk gabung dalam koalisi. Terkait kabar ini, Doli mengaku tak menutup kemungkinan Gerindra bergabung asal memiliki pandangan yang sama dengan KIB.

“Tentu juga bicara tentang bagaimana bisa dibangun kerjasama ke depan apa yang harus kita rancang harus kita kontruksikan tentang masa depan Indonesia,” tuturnya.

2. Golkar sudah bertemu beberapa elite parpol

KIB Buka Peluang Ajak Gerindra Gabung KoalisiKetua Umum Demokrat AHY bertemu dengan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto di kediamannya di Jakarta, Sabtu (7/5/2022). (Dok.Istimewa)

Doli menjelaskan sejauh ini pihaknya sudah bertemu dengan beberapa elite partai politik seperti Ketum Gerindra Prabowo Subianto, Presiden PKS Ahmad Syaikhu, bahkan bertemu Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono.

“Menerima Pak AHY dua kali, terus kemudian ketemu Cak Imin juga, sambil jalan begitu,” ujar Doli.

Dia mengaku sejauh ini komunikasi intensif dengan beberapa partai politik itu juga berlangsung.

Baca Juga: PKB-Gerindra Belum Bisa Disebut Koalisi, Arah Politik Potensi Berubah

3. Golkar belum dapat undangan PDIP

KIB Buka Peluang Ajak Gerindra Gabung KoalisiKetua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri datang ke penutupan rakernas PDIP, Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. (IDN Times/Yosafat Diva)

Terkait dengan kabar kunjungan PDIP ke Golkar, Doli mengaku belum mengetahui informasi tersebut.

Dia juga mengaku belum mendapatkan informasi terkait kunjungan Puan Maharani langsung ke Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

“Saya belum tahu ya, kalau misalnya langsung ke ketua umum saya belum tahu,” tuturnya.

Kendati begitu, dia mengaku bakal tetap menerima kunjungan dari perwakilan PDIP tersebut setelah menerima jadwal.

“Kalau memang dimungkinkan dibuka komunikasi dengan PDIP sama dengan partai yang lain kami cukup senang dengan menerimanya,” ujar Doli.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya