KIB Mulai Singgung Pengganti Anies di DKI Jakarta, Siapa Dia

PAN usul kriteria pengganti Anies Baswedan di DKI

Jakarta, IDN Times — Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) menyebut mulai membahas pengganti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Koalisi yang digagas Partai Golkar - PAN - PPP ini mengaku akan menyusun strategi untul Pilgub 2024 mendatang.

Ketua DPW PAN DKI Jakarta, Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio mengatakan, pembahasan untuk Pilgub DKI Jakarta akan dibahas dalam pertemuan KIB mendatang.

“Ini pertemuan baru pertama, nanti banyak pertemuan lain. Tentunya akan kami bahas (Pilgub DKI), tetapi sementara kami menebalkan dulu keterangan ketum-ketum kami untuk memvisikan satu sama lain,” kata Eko Patrio di Kantor Komando PAN, Cipinang Indah, Jakarta Timur, Senin (30/5/2022).

1. PAN sebut belum ada nama yang diusung gantikan Anies

KIB Mulai Singgung Pengganti Anies di DKI Jakarta, Siapa DiaGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berolah raga saat menjalani isolasi di rumah dinasnya di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (3/12/2020) (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Eko mengaku pihaknya bersama KIB belum membicarakan nama yang bakal diusung untuk maju dalam Pilgub DKI 2024. Sejauh ini, KIB masih dalam tahap pembahasan persamaan tujuan untuk Pilpres 2024.

Dia menyebut pengusungan untuk Pilgub 2024 bakal dibahas setelah ada persamaan tujuan dalam Pilpres.

“Kalau untuk Pilkada kan masih lama ya, masih lama, jadi nanti akan kami bahas lagi,” tuturnya.

Baca Juga: Anies Diteriaki Capres 2024 Saat Hadiri Milad ke-20 PKS

2. Belum ada usulan calon untuk Gubernur DKI

KIB Mulai Singgung Pengganti Anies di DKI Jakarta, Siapa DiaAnies Baswedan (Dok Pemprov DKI)

Anggota Komisi VI DPR RI ini juga menjelaskan pihaknya belum mengusulkan nama untuk diusung dalam Pilgub DKI. Namun dia mengakui sudah menentukan kriteria calon yang layak diusung untuk duduk di kursi Gubernur Jakarta.

“Kalau bicara kriteria ya sudah ada, kriteriamya memberikan kontribusi besar untuk rakyat. Gitu saja,” tuturnya.

Kendati demikian, Eko memastikan PAN bakal mengusulkan nama untuk duduk di kursi gubernur. Namun dia enggan berbicara banyak terkait hal ini.

Baca Juga: Tak Sudi Ada Sponsor Bir di Formula E, PA 212 Ancam Tinggalkan Anies

3. Anies selesai pimpin DKI Oktober 2022

KIB Mulai Singgung Pengganti Anies di DKI Jakarta, Siapa DiaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Sebagai informasi, masa jabatan Gubernur DKI Anies Baswedan akan habis pada Oktober 2022. Seiring dengan itu, beberapa nama mulai pengganti Anies mulai muncul untuk duduk sebagai penjabat (Pj) sementara DKI sampai Pilkada 2024 digelar.

Tiga nama yang dianggap layak jadi Pj usai kepemimpinan Anies yakni Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Ketua KPU DKI Jakarta periode 2008-2013 Juri Ardiantoro, dan Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Marullah Matali.

Tiga nama itu disebut oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Muhammad Taufik. Menurutnya, ketiga nama ini memiliki rekam jejak yang mumpuni untuk memimpin Jakarta sampai terpilihnya kepala daerah definitif dalam Pilkada 2024.

“Heru pantas, Juri pantas, Marullah juga pantas, mumpuni,” kata Taufik saat ditemui wartawan di Jakarta, belum lama ini.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya