Makan Siang Bareng Anies, Demokrat Bantah Renggang dengan NasDem-PKS

Tiga parpol makan siang bersama bahas koalisi

Jakarta, IDN Times — Anies Baswedan diketahui bertemu dengan tim kecil dari Partai Demokrat, PKS, dan NasDem di sebuah kawasan di Jakarta Pusat, Jumat (18/11/2022) siang.

Tim kecil yang diwakili oleh sejumlah elite politik tiga partai itu disebut-sebut membicarakan kelanjutan koalisi bersama dengan Anies sebagai capres.

Baca Juga: Anies Baswedan Santap Siang Bareng Petinggi 3 Parpol, Bahas Apa?

1. Demokrat bantah hubungan renggang dengan NasDem

Makan Siang Bareng Anies, Demokrat Bantah Renggang dengan NasDem-PKSAnies Baswedan makan siang bersama tiga parpol. (Dok/Demokrat)

Sekjen Partai Demokrat, Teuku Rifky Harsya, membantah kabar hubungan yang renggang dengan tim kecil dari masing-masing parpol. Dia mengaku hubungan tiga parpol itu justru kian erat mendekati deklarasi koalisi.

“Alhamdulilah kami semakin solid. Ya, kami mohon maaf kalau ada penonton dan provokator yang kecewa,” katanya saat ditemui wartawan.

Baca Juga: Usai Saling Sindir, Demokrat Kini Sebut Relasi dengan NasDem Baik

2. Kabar AHY jadi cawapres Anies

Makan Siang Bareng Anies, Demokrat Bantah Renggang dengan NasDem-PKSKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bertemu dengan Gubernur Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta pada Kamis (6/5/2021). (IDN Times/Aryodamar)

Terkait kabar AHY yang disebut-sebut bakal menjadi cawapres Anies Baswedan, Teuku menjawab santai.

Menurutnya, koalisi tak hanya harus terbentuk, tapi juga mesti menang dalam Pemilu 2024.

“Publik tidak hanya berharap koalisi ini terwujud, namun juga dapat memenangkan Pilpres 2024,” ujarnya.

Dia kemudian menyinggung beberapa hasil survei yang menunjukkan potensi kemenangan Anies-AHY. Menurutnya, dalam beberapa hasil survei elektabilitas Anies-AHY cukup tinggi dan mampu bersaing dengan lawan politik lain.

Namun Teuku tak menyebut survei mana yang merilis elektabilitas Anies-AHY.

“Mayoritas hasil simulasi survei menunjukkan Anies-AHY unggul dari pasangan lainya. Artinya pasangan ini sangat berpeluang memenangkan Pilpres 2024,” ucapnya.

Baca Juga: Tanggapi Rocky Gerung Soal Gibran Cawapres, Anies Baswedan: Ya Udah

3. Anies-AHY unggul di beberapa hasil survei

Makan Siang Bareng Anies, Demokrat Bantah Renggang dengan NasDem-PKSAnies Baswedan datangi kantor DPP Demokrat pada Jumat (7/10/2022). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sementara itu, Voxpol Center Research and Consulting menggelar survei terkait peta ekektoral dan simulasi kandidat capres dan cawapres potensial pada Pilpres 2024 mendatang.

Hasilnya menunjukkan Anies Baswedan tampil sebagai capres dengan elektabilitas tertinggi mengalahkan 20 nama lain, termasuk Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Ridwan Kamil, Agus Harimurti Yudhoyono, Andika Perkasa, hingga Khofifah Indar Parawansa.

Hasil survei lainnya seperti yang dilakukan INDEX Indonesia, menyebut elektabilitas Anies-AHY cukup tinggi bila dipasangkan. Pasangan calon ini mampu mengalahkan Prabowo-Puan dan Ganjar-Amran Sulaiman.

Namun menurut survei LSI Denny JA kepada pemilih Islam, mayoritas memilih Ganjar-Airlangga sebagai capres dan cawapres. Nama Anies-AHY masih di urutan ketiga dan kalah bersaing dengan Prabowo-Puan di urutan kedua.

Baca Juga: Anies Baswedan Santap Siang Bareng Petinggi 3 Parpol, Bahas Apa?

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya