Comscore Tracker

Makin Hangat, Demokrat-NasDem Akui Punya Banyak Chemistry

Demokrat-Nasdem beri sinyal kuat koalisi

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, mengakui punya banyak chemistry dengan Partai Demokrat. Menurut dia keserasian dengan Partai Demokrat makin menguat setelah tiga kali pertemuan.

Chemistry itu ada, modal dasar yang bisa dikapitalisasi untuk sesuatu,” kata Surya Paloh usai bertemu elite Demokrat di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Kamis (23/6/2022).

Baca Juga: PKS Kunjungi Demokrat usai Bertandang ke Surya Paloh di NasDem Tower

1. NasDem kemungkinan koalisi dengan Demokrat

Makin Hangat, Demokrat-NasDem Akui Punya Banyak ChemistryKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tiba di Nasdem Tower, Kamis (23/6/2022). (IDN Times/Melani Putri)

Meski sudah memiliki chemistry yang kuat, Surya Paloh enggan membicarakan soal koalisi NasDem dengan Demokrat, termasuk dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pada Pemilu 2024.

Surya Paloh hanya menekankan ada kemungkinan besar NasDem-Demokrat-PKS bakal berkoalisi pada Pemilu 2024, karena sudah ada chemistry.

“Kemungkinan koalisi itu sudah ada, cuman belum pada hari ini (koalisi). Tapi kemungkinan itu ada, cukup besar,” ujarnya.

2. Demokrat akui punya banyak chemistry dengan NasDem

Makin Hangat, Demokrat-NasDem Akui Punya Banyak ChemistryKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tiba di Nasdem Tower, Kamis (23/6/2022). (IDN Times/Melani Putri)

Pada kesempatan sama, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengamini ucapan Surya Paloh, soal chemistry antara Demokrat dengan NasDem.

Terlebih, kata AHY, pertemuan antara Demokrat dan NasDem sudah terlaksana selama tiga kali beberapa bulan belakangan ini.

"Chemistry-nya banyak, beliau rasanya sangat dekat di hati dan keluarga besar Partai Demokrat, begitu pula sebaliknya," kata AHY, saat jumpa pers usai pertemuan di NasDem Tower.

Baca Juga: Demokrat-Nasdem Kian Erat, Surya Paloh Minta AHY Tak Buru-buru Koalisi

3. Pertemuan Demokrat-NasDem untuk bangun komunikasi politik

Makin Hangat, Demokrat-NasDem Akui Punya Banyak ChemistrySusilo Bambang Yudhoyono (SBY) mendampingi Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat berkungjung ke Nasdem Tower untu bertemu dengan Surya Paloh. (Dok/Istimewa)

Putra sulung mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu mengatakan, pertemuan kali ini juga sekaligus mempererat kolaborasi yang sudah terjalin sejak 2004 dengan Surya Paloh.

AHY menyatakan pertemuan ini merupakan upaya untuk membangkitkan kembali sejarah tersebut ke depannya.

"Insyaallah itu yang akan menguatkan dan menggerakan kami ke depan," ujar suami Annisa Pohan itu.

Kendati, saat ditanya soal koalisi antara Demokrat dan NasDem untuk menyongsong Pemilu 2024, AHY masih enggan memberikan penjelasan. Menurutnya, kondisi perpolitikan saat ini masih dinamis dan masih banyak perubahan.

"Inilah nature dari politik kita begitu dinamis, penuh dengan kejutan, misterius kadang-kadang, tetapi insyaallah dengan semakin dekat dan juga semakin sering kami berkomunikasi dan bersilaturahim, maka akan semakin kuat lagi semangatnya," kata AHY.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya