Mencuat Isu Reshuffle, Ini 3 Menteri dari NasDem di Kabinet Jokowi

3 Menteri NasDem ada di kabinet Jokowi

Jakarta, IDN Times — Partai NasDem baru-baru ini menjadi sorotan setelah mengumumkan dukungan kepada Anies Baswedan untuk maju sebagai capres di 2024. Beberapa partai yang memberikan sinyal dukungan untuk Anies, seperti Demokrat dan PKS, merupakan partai di luar lingkaran pemerintahan.

Sepekan usai deklarasi itu, Istana dikabarkan akan melakukan reshuffle NasDem di Kabinet Indonesia Maju. Presiden Joko “Jokowi” Widodo sudah buka suara soal kabar reshuffle yang menyeret partai naungan Surya Paloh tersebut.

“Rencana selalu ada, pelaksanaan nanti diputuskan,” kata Jokowi saat meninjau proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, di Bandung, Kamis (13/10/2022).

Meski belum ada informasi yang resmi terkait reshuffle, sejumlah menteri dari Partai NasDem nampaknya mesti waspada. Berikut deret menteri yang merupakan kader Partai NasDem.

1. Menkominfo Johnny G. Plate

Mencuat Isu Reshuffle, Ini 3 Menteri dari NasDem di Kabinet JokowiMenkominfo, Johnny G. Plate (kominfo.go.id)

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate ialah salah satu elite Partai NasDem. Dalam internal partai, Johnny menjabat sebagai Sekretaris Jenderal NasDem.

Kominfo beberapa waktu lalu sempat menjadi sorotan publik di masa kepemimpinan Johnny G. Plate. Kominfo sebelumnya mengeluarkan aturan yang tertuang dalam PP No. 71/2019 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) serta Permenkominfo No. 5/2020 tentang PSE lingkup privat.

Kebijakan itu menuai banyak sentimen negatif karena penyelenggara elektronik diharuskan melaporkan penggunaan data pelanggan melalui badan otoritas independen. Johnny juga sempat mendapat kritik usai memblokir sejumlah aplikasi seperti PayPal dan Steam.

Baca Juga: Dilema NasDem Jadi Oposisi, Terancam Gagal pada 2024?

2. Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar

Mencuat Isu Reshuffle, Ini 3 Menteri dari NasDem di Kabinet Jokowi(Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar) Instagram.com/@siti.nurbayabakar

Politikus NasDem lainnya di kabinet Jokowi yakni Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar.

Siti Nurbaya Bakar menjadi sorotan publik usai pernyataannya yang menyebut pembangunan tak bisa berhenti karena kerusakan alam. Saat itu, Jokowi sedang gencar melakukan pembangunan IKN.

Baru-baru ini, Siti Nurbaya menegaskan kehadiran Ibu Kota Nusantara (IKN) tidak akan merusak hutan alam. Sebaliknya, dia justru menyebut IKN akan memiliki dampak positif dan luas bagi aspek ekologi, ekonomi, dan sosial budaya masyarakat.

"Kehadiran IKN juga akan memberikan kontribusi terhadap pencapaian target Folu Net Sink 2030 (kontribusi penurunan emisi yang ditetapkan secara nasional pada 2030),” kata Siti saat mengisi Orasi Ilmiah pada Rapat Senat Terbuka Dalam Rangka Dies Natalis Universitas Mulawarman Ke-60 di Gelora 27 September Unmul, Selasa (28/9).

3. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo

Mencuat Isu Reshuffle, Ini 3 Menteri dari NasDem di Kabinet JokowiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Satu lagi kader NasDem di Kabinet Jokowi yakni Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Saat pertama menjabat, Syahrul Yasin Limpo menargetkan dalam 100 hari kerja akan memetakan data pertanian. Dengan adanya pemetaan ini, data pertanian menjadi lebih jelas.

Syahrul Yasin Limpo, yang juga menjabat Ketua G20 Pertanian, menyerukan untuk penguatan kolaborasi dan dukungan kuat bagi petani di dunia.

Sebagai Ketua G20 bidang pertanian, Indonesia mengajak soliditas untuk kecukupan pangan dunia. Terlebih juga bagi 273 juta rakyat Indonesia yang tidak boleh bersoal," kata Syahrul pada 16 Oktober 2022. 

Baca Juga: Jokowi Beri Sinyal Ada Reshuffle Usai NasDem Umumkan Anies Maju Capres

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya