NasDem soal Usung Anies di Pilpres 2024: Kita Lihat Kantong PKS

PKS sudah kantongi nama bakal capres untuk diusung

Jakarta, IDN Times — Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, mengaku belum memutuskan bakal mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk maju di Pilpres 2024.

Surya menyebut Anies baru diusulkan sebagai salah satu dari tiga kandidat yang layak diusung oleh Nasdem untuk maju sebagai capres. Terkait keputusan untuk mengusung siapa, Nasdem bakal membicarakannya dengan partai koalisi.

Nasdem juga mengaku bakal melihat nama-nama yang dikantongi oleh PKS untuk maju sebagai capres. PKS sendiri sudah mengantongi beberapa nama tokoh untuk diusung sebagai capres 2024.

1. Nasdem lihat ‘kantong’ PKS

NasDem soal Usung Anies di Pilpres 2024: Kita Lihat Kantong PKSKetua Umum Nasdem Surya Paloh dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu di Nasdem Tower, Jakarta, Rabu (22/6/2022). (IDN Times/Melani Putri)

Surya Paloh mengatakan, pihaknya sedang menjajaki tiga nama kandidat yang diusulkan dalam Rakernas NasDem. Tiga nama itu di antaranya Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Andika Perkasa.

“Kami sedang lihat-lihat ini, sedang menjajaki satu sama lain,” kata Surya di NasDem Tower, Jakarta, Rabu (22/6/2022).

Dia juga menyebut bakal melihat siapa saja nama yang diusung oleh PKS sebagai bakal capres 2024. Nama-nama tersebut juga akan ikut dibahas dalam internal Nasdem.

“Tadi saya ganggu-ganggu juga Mas Habib Aboe (Sekjen PKS), kita gak hanya sekadar melihat calon kita ya, kita lihat juga kantongnya Sekjen PKS ini,” ujar Surya.

Baca Juga: Isi Kesepakatan PKS-NasDem soal Sinyal Koalisi di Pilpres 2024

2. Kandidat capres masih cair

NasDem soal Usung Anies di Pilpres 2024: Kita Lihat Kantong PKSKetua Umum Nasdem Surya Paloh dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu di Nasdem Tower, Jakarta, Rabu (22/6/2022). (IDN Times/Melani Putri)

Surya kemudian menegaskan bahwa usulan nama capres masih bersifat cair dan belum bisa diumumkan hari ini. Pihaknya disebut bakal mengumumkan nama capres setelah bertemu koalisi.

“Artinya suasana masih cair ya belum belum sampai situ (nama capres),” ucapnya.

3. PKS-NasDem sepakat kerja sama di 2024

NasDem soal Usung Anies di Pilpres 2024: Kita Lihat Kantong PKSSekjen PKS Habib Aboe Bakar dan Ketua DPP Partai Nasdem Effendi Choirie di Nasdem Tower, Jakarta, Rabu (22/6/2022). (IDN Times/Melani Putri)

PKS dan NasDem diketahui menyepakati bekerja sama dalam Pilpres 2024. Kedua pihak sepakat untuk menjadikan Pemilu serentak 2024 sebagai instrumen demokrasi yang toleran dan menjadi pemersatu bangsa.

PKS dan Nasdem juga menyepakati untuk bekerja sama dalam Pilpres 2024.

“Menyepakati persiapan kerja sama Pilpres 2024 dalam waktu yang ditentukan bersama,” tuturnya.

Baca Juga: Kata NasDem soal 'Kawin Paksa' 3 Bakal Capres yang Direkomendasikan

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya