NasDem Tak Ambil Pusing Diprediksi Survei Tak Lolos Parlemen 2024

NasDem tetap bakal evaluasi diri

Jakarta, IDN Times — Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya mengatakan pihaknya tak ambil pusing soal hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA yang menyebut kemungkinan NasDem tak lolos batas parlemen.

Willy mengaku NasDem tak mempermasalahkan hasil survei tersebut.

“Tidak apa-apa, di survei lain kan lolos. Biasa saja, satu survei dengan survei lain yang ada perbedaan hasil,” kata Willy di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (3/11/2022).

Baca Juga: NasDem Ungkap Ciri-ciri Cawapres untuk Dampingi Anies di Pemilu 2024

1. Bakal evaluasi diri

NasDem Tak Ambil Pusing Diprediksi Survei Tak Lolos Parlemen 2024IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Willy mengatakan survei yang menunjukkan bahwa NasDem terancam tak lolos ambang batas parlemen 4 persen akan menjadi bahan evaluasi diri. Dia juga tak terlalu memikirkan hasil survei karena Pemilu masih berlangsung satu tahun lagi.

“Kalau di survei yang lolos, kami alhamdulilah. Kalau di survei yang tidak lolos itu jadi catatan buat kami untuk mengidentifikasi apa yang jadi penyebabnya sehingga kami bisa perbaiki diri,” kata Willy.

Baca Juga: Survei: Elektabilitas NasDem Anjlok Usai Dukung Anies Jadi Capres 2024

2. NasDem punya banyak waktu untuk berbenah

NasDem Tak Ambil Pusing Diprediksi Survei Tak Lolos Parlemen 2024Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh saat ditemui usai berdiskusi bersama di Kantor DPP Nasdem di Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu (1/5/2022). (IDN Times/Melani Putri)

Ketua Baleg DPR RI ini juga mengatakan masih banyak waktu untuk berbenah di internal NasDem jika memang dibutuhkan untuk memunculkan elektabilitas partai.

“Jadi apa pun hasilnya ok, toh, pemilu masih satu tahun lebih lagi, masih banyak waktu untuk berbenah,” ujar Willy.

Baca Juga: Koalisi Demokrat-PKS-NasDem, Tinggal Menunggu Waktu Tepat Deklarasi

3. Survei LSI Denny JA sebut elektabilitas PDIP-Golkar masih unggul

NasDem Tak Ambil Pusing Diprediksi Survei Tak Lolos Parlemen 2024Kumpulan baliho para petinggi Parpol di Kota Bandar Lampung (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

LSI Denny JA sebelumnya mengeluarkan rilis elektabilitas partai politik. Menurut survei yang digelar pada 11-20 September 2022 dengan 1.200 responden itu, PDIP dan Golkar masih unggul dari partai lainnya secara elektabilitas.

Berdasarkan hasil survei tersebut terekam partai yang memiliki elektabilitas terbesar yakni PDIP dengan 20,9 persen, diikuti oleh Golkar 14,5 persen dan Gerindra 9,8 persen.

Sementara itu, NasDem di posisi 7 hanya memiliki elektabilitas 3,9 persen atau tidak lolos batas parlemen yakni 4 persen.

Baca Juga: Survei LSI: PDIP-Golkar Unggul karena Jokowi, Airlangga dan Luhut 

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya