PDSI Jadi Tandingan IDI untuk Terawan, Cak Imin: Ini Reaksi Demokrasi

UU Praktik Kedokteran hanya atur satu organisasi yaitu IDI

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengomentari terkait pembentukan organisasi tandingan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), yakni Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI).

Cak Imin mengaku pembentukan organisasi PDSI merupakan hal wajar dalam sebuah negara demokrasi. Kendati, dia menegaskan pembentukan PDSI belum tentu legal sesuai aturan perundang-undangan.

“Ini namanya reaksi demokrasi, nanti kita lihat PDSI itu, belum tentu bisa formal (sesuai undang-undang),” kata Cak Imin saat ditemui di Jakarta Pusat, Kamis (28/4/2022).

Baca Juga: PDSI: Kami Siap Jadi 'Rumah Baru' Terawan Bila Tak Nyaman di IDI

1. UU praktik kedokteran atur satu organisasi

PDSI Jadi Tandingan IDI untuk Terawan, Cak Imin: Ini Reaksi DemokrasiIDN Times/Lia Hutasoit

Sebagai informasi, dalam Undang-Undang Praktik Kedokteran hanya mengatur satu organisasi profesi kedokteran yakni Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Pembentukan sebuah perserikatan dokter sebenarnya bukan sebuah masalah, asalkan tidak menyamai tugas dan fungsi pokok IDI. Hal itu disampaikan Anggota Komisi IX DPR Saleh Partonan Daulay.

Menurut Saleh pendirian PDSI tak bisa dilarang karena merupakan hak untuk berserikat. Namun terkait profesionalitas profesi kedokteran, peraturan undang-undang hanya memberikannya kepada IDI.

“Dari sisi fungsi, kewenangan, aturan profesionalitas dokter itu diberikannya pada IDI. Jadi PDSI itu enggak bisa dilarang sebetulnya, sama dengan pendirian partai politik,” kata politikus PAN itu saat dihubungi, Rabu (27/4/2022).

2. PDSI terdaftar di Kemenkumham

PDSI Jadi Tandingan IDI untuk Terawan, Cak Imin: Ini Reaksi DemokrasiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Diketahui, Ketua Umum PDSI dijabat Brigjen TNI (Purn) dr. Jajang Edi Priyanto yang kini menjadi dokter di RSPAD Gatot Subroto. Ia juga pernah menjadi staf khusus Terawan ketika masih menjabat sebagai Menteri Kesehatan. 

Jajang mengaku PDSI telah terdaftar di Kemenkumham dan telah sah berdiri.

"Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI) sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM sesuai dengan SK nomor AHU-003638.AH.01.07.2022 tentang pengesahan pendirian PDSI," ujar Jajang dalam keterangan tertulis. 

Baca Juga: Anak Buah Terawan Deklarasikan PDSI, Organisasi Tandingan IDI?

3. PDSI siap tampung Terawan

PDSI Jadi Tandingan IDI untuk Terawan, Cak Imin: Ini Reaksi DemokrasiMantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

PDSI dibentuk setelah keputusan MKEK IDI untuk memberhentikan permanen eks Menkes Terawan Agus Putranto sebagai anggota. Dengan demikian, izin praktik Terawan terancam dicabut.

IDI sendiri menyebut Terawan bisa kembali masuk ke organisasi kedokteran tersebut jika memang menginginkan. Namun belum ada pernyataan resmi dari Terawan.

Terkait hal ini, Jajang mengatakan, PDSI siap menjadi rumah baru Terawan untuk mengembangkan  ide kreatifnya di dunia medis.

“Kalau memang beliau mau bergabung, maka kami akan terima dengan pintu terbuka. Silakan, beliau dapat memilih 'rumah tinggal baru'. Silakan memilih kalau memang di 'rumah' yang lama tidak nyaman. Kami akan terima di 'rumah baru'," ungkap Jajang

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya