Pengamat: Ada 4 King Maker di 2024, Tak Termasuk Prabowo

Prabowo disebut bukan king maker untuk 2024

Jakarta, IDN Times - Pengamat politik UIN Jakarta, Gun Gun Heryanto, menilai ada empat king maker di 2024. King maker ini bisa disebut sebagai tokoh yang akan mengajukan orang lain menjadi Calon Presiden di 2024.

Gun Gun menyebut, berlandaskan analisisnya akan ada empat king maker yang cukup menonjol di tahun politik. Namun, Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto, yang juga Menteri Pertahanan RI, tak termasuk salah satunya.

"Pak Prabowo kan sebenarnya berpotensi sebagai kandidat, jadi tidak saya masukkan sebagai king maker," kata Gun Gun kepada IDN Times, Jumat (20/1/2023).

1. Golden ticket PDIP ada di Megawati

Pengamat: Ada 4 King Maker di 2024, Tak Termasuk PrabowoMegawati Soekarnoputri di Rakor Anggota DPR Fraksi PDIP (dok. PDIP)

Gun Gun mengatakan salah satu king maker yang sudah terlihat jelas adalah Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Menurutnya, Megawati memiliki daya tawar yang sangat besar untuk mencalonkan seseorang sebagai capres. Ditambah dengan status PDIP yang sudah mendapatkan tiket maju seorang diri mencalonkan Presiden di 2024.

"Posisi Ibu Mega yang akan menentukan golden ticket PDIP dalam hal mengusung nama secara resmi ke KPU. Kan sudah punya tiket juga karena menduduki 128 kursi di DPR, lolos parliamentary threshold 20 persen," ujar Gun Gun.

Baca Juga: PDIP: Megawati Selalu Pasang Badan untuk Jokowi Sejak Wali Kota

2. King maker Surya Paloh dari Partai NasDem

Pengamat: Ada 4 King Maker di 2024, Tak Termasuk PrabowoKetua Umum Partai NasDem Surya Paloh. (IDNTimes/Melani Putri)

Masih dalam lingkaran pemerintah, posisi king maker lainnya adalah Ketua Umum Partai NasDem, Suya Paloh. Dia dinilai punya daya tawar yang cukup tinggi untuk mengusulkan nama lain sebagai bakal Capres. Hal itu juga dibuktikan oleh Partai NasDem yang sudah lebih dulu mengusung Anies Baswedan sebagai bakal Capres untuk Pemilu 2024.

"King maker itu kan sebenarnya orang-orang yang mengusung tokoh lain, menjadikannya sebagai artikulasi kekuatan yang dimilikinya. Nama lain siapa? Ada Pak Surya Paloh,” ujarnya.

3. Pengaruh Jokowi dan SBY sebagai king maker

Pengamat: Ada 4 King Maker di 2024, Tak Termasuk PrabowoANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha

Sementara nama lainnya yang berpotensi menjadi king maker di 2024 yakni Presiden keenam Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan Presiden sekarang, Joko "Jokowi" Widodo.

SBY dan Jokowi dinilai masih punya pengaruh terhadap konstituennya untuk turut serta menentukan sosok dalam Pilpres 2024. Keduanya disebut masih memiliki basis massa yang cukup kuat untuk memengaruhi pemilih.

"Karena Pak Jokowi punya kekuatan infrastruktur politik, bukan partai, tapi mengonsolidasikan basis massa politiknya. Sama juga halnya dengan pak SBY," tutur Gun Gun.

Baca Juga: Politikus PDIP Ungkap Alasan Megawati Belum Umumkan Capres PDIP

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya