Pengamat: Butuh Ketekunan Puan untuk Raih Suara Warga Jabar di Pilpres

Puan perlu dekati asosiasi di Jabar untuk raih suara

Jakarta, IDN Times — Pengamat politik UIN Jakarta, Adi Prayitno, menilai safari politik Ketua DPR RI Puan Maharani ke beberapa tempat di Jawa Barat belum tentu mendongkrak elektabilitasnya untuk maju Capres 2024.

Puan diminta tekun mendatangi berbagai kelompok di Jawa Barat jika memang ingin meraih suara dari daerah yang dipimpin oleh Ridwan Kamil tersebut.

“Yang jelas ini bagian ikhtiar politik Mbak Puan untuk terus meningkatkan elektabilitasnya, ini kerja politik yang tentu saja menempuh jalan panjang hingga 2024 nanti,” kata Adi saat dihubungi IDN Times, Jumat (23/9/2022).

1. Puan perlu dekati asosiasi di Jabar untuk raih suara

Pengamat: Butuh Ketekunan Puan untuk Raih Suara Warga Jabar di PilpresKetua DPR RI Puan Maharani (tengah kiri) saat ditemui saat konferensi pers di DPR RI, Selasa (6/9/2022). (IDNTimes/Melani Putri)

Adi menyebut untuk mendapatkan suara dari Jawa Barat, Puan tak hanya harus mendatangi kelompok ulama melainkan juga asosiasi atau kelompok masyarakat. Tak hanya itu, Puan juga perlu sering melakukan kunjungan menemui warga setempat dan mendengar cerita masyarakat.

“Artinya ini semacam kalimat pembuka ke Jabar, kalau Mbak Puan adalah orang yang punya niat maju di 2024, tentu yang harus dirawat adalah komunikasi dan lain-lain yang bisa membuat PDIP di Jabar makin kuat basisnya,” sambung Adi.

Baca Juga: Manuver Puan Taklukkan Jawa Barat Jelang 2024, Puan Presiden Bergema

2. Tantangan politik Puan Maharani

Pengamat: Butuh Ketekunan Puan untuk Raih Suara Warga Jabar di PilpresKetua DPP PDIP Puan Maharani bersama kader PDIP Jawa Barat. (Dok/Puan Maharani)

Dosen Ilmu Politik itu juga menegaskan kerja politik Puan Maharani di Jawa Barat belum tentu membuahkan hasil seperti yang diharapkan. Pasalnya jika mengharapkan kenaikan popularitas, Puan telah populer di kalangan masyarakat sebagai Ketua DPR RI.

Tantangan terberat, menurut Adi, adalah meyakinkan masyarakat yang mengenal Puan untuk memilih Puan dalam Pilpres 2024.

Untuk itu, Puan perlu lebih giat menemui masyarakat dan mendengar kritik serta masukan masyarakat agar bisa masuk dalam kelompok masyarakat tersebut.

“Yang penting kan kerja politik dulu, baru hasilnya belakangan. Oleh karena itu kalau kita lihat akselerasi politik Mbak Puan sejak 2022 sudah terlihat mengepakkan sayap kebangsaannya. Mengunjungi simpul masyarakat untuk meningkatkan popularitas dan elektabilitas Mbak Puan,” ujar Adi. 

3. Safari politik Puan Maharani

Pengamat: Butuh Ketekunan Puan untuk Raih Suara Warga Jabar di PilpresKetua DPP PDIP Puan Maharani saat mengunjungi Waduk Jatiluhur. (Dok/Puan Maharani)

Ketua DPR RI Puan Maharani sepekan terakhir mengunjungi berbagai daerah di Jawa Barat. Puan mendatangi beberapa kelompok masyarakat hingga pondok pesantren.

Dalam sehari, Puan bisa mendatangi 2-3 tempat sekaligus. Di sela perbincangan Puan bersama kelompok masyarakat, disebut-sebut selalu ada teriakan ‘Puan Presiden’ dari segelintir orang.

Di sela-sela kunjungan itu, Puan juga sempat bertemu kader PDIP di Jawa Barat. Dia menyampaikan pesan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk memenangkan Pemilu 2024.

“Maka itu sekarang saya datang ke sini. Apalagi kita tahu bahwa Jawa Barat adalah bagian dari kunci penting kemenangan Pemilu. Jawa barat ini kandang banteng!” kata Puan dalam keterangan tertulis, Kamis (22/9/2022).

Baca Juga: Ganjar Diuntungkan Dewan Kolonel yang ‘Wangikan’ Puan Maharani

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya