Comscore Tracker

Pengamat Sebut Kemungkinan Olly atau Wayan Koster Isi Kursi Menpan RB

Kader PDIP dinilai lebih berpotensi isi kursi Menpan RB

Jakarta, IDN Times — Pengamat politik Kedai Kopi Hendri Satrio mengatakan, ada tiga catatan terkait pengisi kursi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAn-RB) yang sebelumnya dijabat almarhum Tjahjo Kumolo.

Hendri menilai, besar kemungkinan kursi MenPAN-RB akan kembali diisi oleh kader PDI Perjuangan (PDIP).

Baca Juga: Istana soal Pengganti Tjahjo Kumolo: Masih Berduka, Butuh Diskusi

1. Potensi Tito Karnavian digeser jadi MenPAN-RB

Pengamat Sebut Kemungkinan Olly atau Wayan Koster Isi Kursi Menpan RBMendagri Tito Karnavian (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Menurut Hendri, ada kemungkinan potensi pergantian kursi di kabinet Joko “Jokowi” Widodo. Skenario pertama, Jokowi bakal menggeser Mendagri Tito Karnavian ke kursi MenPAN-RB.

“Mendagri kemungkinan akan diisi kader PDIP,” kata Hendri saat ditemui di Jakarta Selatan, Minggu (3/7/2022).

2. Nama-nama kader PDIP yang kemungkinan isi posisi MenPAN-RB

Pengamat Sebut Kemungkinan Olly atau Wayan Koster Isi Kursi Menpan RBGubernur Bali Wayan Koster (Dok.IDN Times/Wayan Koster)

Hendri juga menyorot beberapa kader PDIP yang kemungkinan akan mengisi kursi MenPAN-RB. Menurutnya, beberapa kader PDIP yang duduk di pemerintahan daerah kemungkinan besar bakal dipilih untuk maju mengisi kursi di kabinet Jokowi.

Beberapa nama yang kemungkinan mengisi kursi MenPAN-RB di antaranya Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, atau Gubernur Bali I Wayan Koster.

“Siapa yang akan disodorkan oleh PDIP jadi pengganti Tjahjo ya ada banyak, ada Olly Dondokambey, ada I Wayan Koster, dan ada beberapa kepala daerah lainnya yang lagi moncer,” kata Hendri.

“Kemungkinan catatan saya kedua mungkin akan tetap diberikan kepada nama-nama tadi,” sambung dia.

3. Kemungkinan kursi PAN-RB diberikan ke PAN

Pengamat Sebut Kemungkinan Olly atau Wayan Koster Isi Kursi Menpan RBMenteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan alias Zulhas meninjau pergerakan harga minyak goreng curah di Pasar Toaya, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. (dok. Kemendag)

Kemungkinan lainnya, kata Hendri, kursi MenPAN-RB diberikan kepada PAN yang telah bergabung dalam kabinet Jokowi.

Hendri menilai, kemungkinan Jokowi masih akan memberikan jatah kursi menteri kepada PAN. Namun ,kemungkinan ini relatif kecil karena PAN harus bersaing dengan PDIP.

“Apakah mungkin juga nantinya PAN digeser ke PAN-RB, dan posisi Mendag diisi kader lain,” ujar dia.

Baca Juga: Menantu Ungkap Penyakit Tjahjo Kumolo: Paru hingga Jantung

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya