Persiapan Aksi 21 April, BEM UI Gelar Kongres Rakyat Hari Ini

Elemen massa aksi tak hanya mahasiswa

Jakarta, IDN Times - Aliansi Mahasiswa Indonesia (AMI) bakal melangsungkan aksi unjuk rasa pada 21 April mendatang. Salah satu elemen AMI yang dipastikan bakal ikut serta yakni Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI).

“Iya betul bergabung dalam aksi 21 April nanti,” kata Ketua BEM UI Bayu Satria Utomo saat dihubungi IDN Times, Senin (18/4/2022).

Baca Juga: BEM SI Sayangkan Demo 11 April Tertutup Aksi Pengeroyokan Ade Armando

1. Gelar kongres rakyat hari ini

Persiapan Aksi 21 April, BEM UI Gelar Kongres Rakyat Hari IniIlustrasi - Polisi dan BEM SI saling dorong saat Aksi Demo BEM SI di depan KPK pada Senin (27/9/2021). (IDN Times/Aryodamar)

Bayu mengatakan pihaknya tengah mematangkan rencana untuk persiapan aksi 21 April. AMI juga disebut belum memastikan rencana aksi, dan titik lokasi aksi. Menurutnya, seluruh rencana aksi bakal dibahas dalam kongres rakyat hari ini, Senin 18 April 2022.

“Untuk tuntutan dan lain-lain akan dibahas saat kongres rakyat,” ujar Bayu.

Baca Juga: Deretan Agenda Kunker Jokowi saat Demo Besar di Jakarta Sejak 2020

2. Elemen massa aksi tak hanya mahasiswa

Persiapan Aksi 21 April, BEM UI Gelar Kongres Rakyat Hari IniAnggi Muliawati

Diketahui elemen massa aksi yang akan tergabung pada 21 April nanti bukan hanya mahasiswa dari AMI. Disebutkan sudah ada 100 ketua lembaga/komunitas mahasiswa yang akan bergabung di AMI.

Setiap kampus nantinya bakal menyodorkan hasil kajian masing-masing sebagai bahan tuntutan dalam aksi.

Baca Juga: Gibran Pengin Ikut Demo Tolak 3 Periode Presiden Jokowi di Solo

3. Aksi BEM SI 11 April tolak Jokowi 3 periode

Persiapan Aksi 21 April, BEM UI Gelar Kongres Rakyat Hari IniTemui Mahasiswa, Perwakilan DPR Dikasih Korek Kuping Jumbo oleh mahasiswa pada Senin (11/4/2022). (IDN Times/Melani Hermalia Putri)

Sebelumnya, aksi mahasiswa dilangsungkan oleh BEM Seluruh Indonesia (SI) pada 11 April 2022 di depan Gedung DPR/MPR. Dalam aksi itu, mereka mendesak sejumlah tuntutan di antaranya menolak perpanjangan masa jabatan presiden, hingga tuntutan untuk menurunkan harga komoditas jelang Lebaran.

Dalam aksi itu, Kapolri dan tiga orang pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) turun dan mendatangi mahasiswa. Pimpinan DPR yang datang di antaranya Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco, Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel, Wakil Ketua DPR Lodewijk F Paulus. Ketiganya menaiki mobil komando bersama mahasiswa untuk mendengarkan tuntutan.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya