Pertemuan KIB Jakarta, PPP: Kami Pemecah Jalan Buntu Cebong-Kadrun

Disebutkan, polarisasi anak bangsa jadi masalah negara

Jakarta, IDN Times - Pimpinan tiga partai politik tingkat DKI Jakarta yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) melakukan pertemuan singkat pada Senin (30/5/2022) malam. Pertemuan itu dihadiri oleh Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPW PPP DKI Jakarta Farhan Hasan Al Amri, Ketua DPW PAN DKI Jakarta Eko Hendro Purnomo, dan Ketua DPD Partai Golkar DKI Ahmed Zaki Iskandar.

Dalam pertemuan itu, Farhan mengklaim bahwa kehadiran KIB sebagai alternatif untuk memecahkan masalah cebong dan kadrun. Istilah cebong-kadrun sendiri muncul saat Pilpres 2019, merujuk pada para pendukung pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga saat itu.

“KIB insyaallah akan menjadi pemecah jalan buntu antara kelompok cebong dan kadrun,” kata Farhan di kantor Komando PAN, Cipindang Indah, Jakarta Timur.

Baca Juga: KIB Mulai Singgung Pengganti Anies di DKI Jakarta, Siapa Dia

1. KIB sepakat atasi polarisasi anak bangsa

Pertemuan KIB Jakarta, PPP: Kami Pemecah Jalan Buntu Cebong-KadrunIlustrasi Partai PPP (Website/infopemilu.kpu.go.id)

Farhan menjelaskan, KIB sepakat akan mengurus anak bangsa agar bisa satu tujuan dan tidak terbagi dalam kelompok-kelompok. Pasalnya, KIB menilai polarisasi cenderung membuat permasalahan bangsa.

“Kami sepakati salah satu permasalahan bangsa kita di antaranya polarisasi anak bangsa, yang tidak kunjung berakhir sampai hari ini,” kata Farhan.

2. KIB jadi poros tengah dalam Pemilu 2024

Pertemuan KIB Jakarta, PPP: Kami Pemecah Jalan Buntu Cebong-KadrunKetua Umum Golkar Airlangga Hartarto bertemu dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (12/5/2022). (IDN Times/Melani Putri)

Dia juga mengklaim, kehadiran KIB sebagai poros tengah dalam Pemilu 2024. Poros ini dinilai dapat memecah kebuntuan dari permasalah bangsa.

“Poros tengah digagas PAN, PPP, dan didukung Golkar. Insyalah, sehingga keberlangsungan estafet kepemimpinan negara kita bisa berjalan dengan baik,” sambung dia.

3. KIB bakal bahas strategi pilpres dan pilkada 5 Juni

Pertemuan KIB Jakarta, PPP: Kami Pemecah Jalan Buntu Cebong-KadrunKetua DPW PAN DKI Jakarta Eko Hendro Purnomo atau Eko Patrio, Ketua DPD Partai Golkar DKI Ahmad Zaki, dan Ketua DPW PPP DKI Farhan Hasan saat pertemuan pertama Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) tingkat provinsi DKI Jakarta di Kantor Komando PAN, Cipinang, Jatinegara, Senin, (30/5/2022). (IDN Times/ Melani Putri)

Sebelumnya, Ketua DPP PAN DKI Jakarta Eko Hendro Purnomo mengaku bakal mencari kesamaan untuk mengusung paslon di Pilpres 2024, dalam pertemuan kedua KIB.

Pertemuan kedua KIB rencananya akan diadakan pada Minggu, 5 Juni 2022, di kawasan Jakarta Selatan. Dalam pertemuan ini, akan hadir tokoh dari ketiga partai politik yakni Golkar, PAN, dan PPP.

Selain mencari kesamaan visi misi dan tujuan, koalisi ini juga akan membahas Pilkada 2024. KIB juga disebut sedang mematangkan rencana untuk maju dalam Pilgub DKI mendatang.

“Jadi isu-isu segala macam berkaitan pilpres-pilkada atau apa, mungkin nanti diterjemahkan di sana,” ujar dia

Baca Juga: PAN Bocorkan Nama Capres yang Mungkin Bakal Diusung KIB

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya