Comscore Tracker

PKB Sebut Ganjar-Anies Tanpa Prestasi, Nasdem Siap Terima Risiko

Nasdem masih pendekatan soal Duet Pemersatu Bangsa

Jakarta, IDN Times — Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya mengaku pihaknya siap menerima risiko mengusung Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo dalam ‘Duet Pemersatu Bangsa Ganjar-Anies’ di kontestasi Pilpres 2024.

Hal itu dia katakan sebagai respons dari PKB yang menyebut Anies dan Ganjar belum memiliki prestasi yang kuat dalam hal kerukunan maupun persatuan bangsa.

“Iya itu dari teman-teman PKB silakan saja, kita punya preferensi beda-beda dan kami saling menghormati. Jadi itu pilihan Nasdem, dan Nasdem siap dengan semua risikonya,” kata Willy saat dihubungi, Senin (27/6/2022).

1. Masih proses taaruf untuk duet Ganjar-Anies

PKB Sebut Ganjar-Anies Tanpa Prestasi, Nasdem Siap Terima RisikoKetua Umum Partai NasDem Surya Paloh (ANTARA FOTO/Siswowidodo)

Willy mengaku masih melakukan pendekatan terkait dengan kabar duet Ganjar-Anies di 2024.

Willy mengatakan hingga saat ini, Nasdem belum memutuskan bakal mengusung satu di antara tiga tokoh yang telah dipilih dalam Rakernas.

“Itu kan kita belum mengerucut masalah siapa dan siapa, kita masih proses taaruf satu sama lain,” ucap Willy.

Dia juga mengatakan pihaknya masih menunggu koalisi terbentuk sebelum mengusung satu pasangan capres-cawapres. Dia menegaskan keputusan untuk mengusung tokoh dalam Pilpres 2024 tak bisa ditentukan sendirian.

Sejauh ini, pihaknya masih melakukan penjajakan kepada masing-masing tokoh.

"Karena koalisi belum terbentuk, nanti kalau sudah terbentuk baru dibicarakan siapa yang mendampingi, siapa yang di depan. Sekarang masih penjajakan satu sama lain,” ujarnya.

Baca Juga: Politikus PDIP: NasDem Jadikan Ganjar Bakal Capres Tanpa Izin Megawati

2. Serius angkat duet pemersatu bangsa

PKB Sebut Ganjar-Anies Tanpa Prestasi, Nasdem Siap Terima RisikoIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Nasdem juga disebut serius mengangkat ‘Duet Pemersatu Bangsa’ antara Ganjar-Anies. Pasalnya gagasan itu merupakan ide dari Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

“Kami lihat karena itu gagasan yang disampaikan Pak Surya sebagai bentuk refleksitas yang ada. Karena politik tak bisa bertepuk sebelah tangan, sehingga butuh dialog,” ucapnya.

“Maka ini skema yang terbaik. Dalam bahasa Pak Surya: Why not the best. Ini yang menjadi salah satu referensi dalam berpolitik,” sambung Willy.

Baca Juga: Demokrat-Nasdem Kian Erat, Surya Paloh Minta AHY Tak Buru-buru Koalisi

3. Surya Paloh usul ke Jokowi duet pemersatu bangsa

PKB Sebut Ganjar-Anies Tanpa Prestasi, Nasdem Siap Terima RisikoIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Surya Paloh sebelumnya mengusulkan duet pemersatu bangsa untuk Pilpres 2024 ke Presiden Joko “Jokowi” Widodo.

Surya Paloh mengatakan, usulan duet seperti Anies Baswedan-Puan Maharani, Ganjar Pranowo-Anies Baswedan, hingga Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar perlu didukung. Sebab, pasangan yang disebutnya bisa menghilangkan polarisasi.

"Saya bilang, itulah impian kita bersama. Polarisasi itu hilang, mempersatukan," ujar Surya Paloh beberapa waktu lalu.

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya