Comscore Tracker

Prananda NasDem dan Elite PKS Bakal Daftar Peserta Pemilu ke KPU Besok

NasDem diwakili Waketum dan Prananda Surya Paloh

Jakarta, IDN Times - Partai NasDem dan PKS mengonfirmasi bakal hadir untuk mendaftar sebagai partai politik peserta Pemilu 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Senin, 1 Agustus 2022.

Komisioner KPU Idham Holik, mengatakan perwakilan PKS akan hadir pada pukul 08.30 WIB, sementara perwakilan NasDem dijadwalkan mendaftar pada pukul 10.00 WIB.

Baca Juga: Deretan Parpol yang Akan Daftar Peserta Pemilu 2024 di KPU Besok

1. NasDem diwakili Prananda Surya Paloh dan wakil ketua umum

Prananda NasDem dan Elite PKS Bakal Daftar Peserta Pemilu ke KPU BesokPrananda Surya Paloh menjadi Anggota Kehormatan Alwashliyah (IDN Times/Istimewa)

Wakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad Ali, mengatakan pihaknya bakal tiba di KPU pukul 10.00 WIB. Dia akan didampingi beberapa sekjen dan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) NasDem, Prananda Surya Paloh, yang merupakan putra Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh.

“Pasti kan semua parpol mau tidak mau harus mengikuti jalur yang sudah ditetapkan KPU. Rencana besok kami dapat jadwal pukul 10.00 WIB. Yang pimpin saya sebagai Waketum, kemudian ada beberapa sekjen, Prananda, dan juga beberapa teman-teman saya,” tuturnya saat dihubungi IDN Times, Minggu (31/7/2022).

2. Presiden dan Sekjen PKS bakal hadir di KPU

Prananda NasDem dan Elite PKS Bakal Daftar Peserta Pemilu ke KPU BesokPresiden PKS Ahmad Syaikhu. (youtube.com/CSIS Indonesia)

Sementara, Wakil Sekretaris Jenderal PKS Mardani Ali Sera mengaku Presiden PKS Ahmad Syaikhu dan Sekjen PKS Aboe Bakar Alhabsyi, bakal hadir langsung di KPU untuk mengikuti proses pendaftaran.

“Rencananya Presiden dan Sekjen pukul 08.30 WIB, Insyaallah,” kata Mardani saat dihubungi.

Baca Juga: 39 Partai Nasional Punya Sipol di KPU, 14 Peserta Pemilu 2019

3. Sebanyak 11 parpol bakal hadir di KPU besok

Prananda NasDem dan Elite PKS Bakal Daftar Peserta Pemilu ke KPU BesokIlustrasi pemungutan suara atau pencoblosan (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Sebanyak 11 partai politik (parpol) akan mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024. Berikut daftar parpol yang dijadwalkan bakal mendaftar ke KPU sebagai peserta Pemilu 2024 besok:

- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) pukul 08.00 WIB

- Partai Keadilan dan Persatuan (PKP) pukul 08.00 WIB

- Partai Reformasi pada pukul 08.00 WIB

- Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pukul 08.30 WIB

- Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) (waktu belum diberitahu)

- Partai Rakyat Adil Makmur (PRIMA) pukul 10.00 WIB

- Partai Persatuan Indonesia (Partai Perindo) pukul 10.00 WIB

- Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pukul 10.00 WIB

- Partai NasDem pukul 10.00 WIB

- Partai Bulan Bintang (PBB) pukul 10.00 WIB.

- Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Partai Gelora Indonesia) pukul 11.00 WIB.

Sementara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) berencana mendaftar sebagai partai politik calon peserta Pemilu 2024 ke KPU RI pada Rabu 10 Agustus 2022.

Wakil Sekjen DPP PSI, Satia Chandra Wiguna mengatakan tanggal tersebut sudah ditetapkan sebagai hari baik untuk PSI. Sebagai informasi bertepatan dengan hari itu adalah kalender penanggalan jawa Rabu Pon.

“Insya Allah, PSI akan mendaftar ke KPU pada Rabu Pon, 10 Agustus 2022  pukul 10.00 WIB. Rabu Pon direkomendasikan kawan-kawan pengurus PSI sebagai hari baik. Rabu Pon juga hari favorit Pak Jokowi dalam mengambil keputusan politik bagi rakyat,” Chandra dalam keterangan tertulis.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya