Prediksi Cuaca H-3 Lebaran: Jakarta Berawan, Jabar-Jatim Hujan 

Laporan cuaca untuk persiapan mudik

Jakarta, IDN Times - Sejumlah warga mulai berangkat mudik pada H-3 Lebaran hari ini, Rabu (19/4/2023). Diprediksi puncak arus mudik akan berlangsung pada hari ini hingga 21 April mendatang.

Bagi kalian generasi z dan millennial yang hendak mudik, sebaiknya memperhatikan kondisi cuaca agar tak mengganggu perjalanan menuju kampung halaman. Berikut prediksi cuaca hari ini.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem Diprediksi Terjadi saat Lebaran Idul Fitri

1. Langit Jakarta diprediksi berawan

Prediksi Cuaca H-3 Lebaran: Jakarta Berawan, Jabar-Jatim Hujan Ilustrasi mendung tebal. IDN Times/Febriana Sinta

Menurut pengamatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), cuaca wilayah DKI Jakarta cenderung berawan pada pagi hari (07.00-13.00 WIB), dan hujan ringan dari siang hingga malam hari (13.00-19.00 WIB).

Pada pagi hari, cuaca Jakarta Selatan diprediksi cerah berawan. Namun wilayah lainnya diperkirakan akan berawan termasuk di Kepulauan Seribu.

Kemudian pada siang hari, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu diprediksi cerah berawan. Daerah lainnya diprediksi akan turun hujan.

Berlanjut pada malam hari (19.00-21.00 WIB), cuaca DKI Jakarta diprediksi akan berawan di Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu. Daerah administratif lainnya diprediksi hujan ringan.

Baca Juga: Google Bikin Fitur untuk Pantau Cuaca Ekstrem, Membantu!

2. Potensi hujan lebat di Jawa Barat

Prediksi Cuaca H-3 Lebaran: Jakarta Berawan, Jabar-Jatim Hujan Ilustrasi hujan (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Prakiraan cuaca di Jawa Barat pada 19 April 2023 beragam.

Pada pagi (07.00-13.00 WIB), diprediksi cerah berawan. Menjelang siang hari terdapat potensi hujan ringan hingga sedang di sebagian wilayah Kota Depok, Kab dan Kota Bogor, Kab dan Kota Sukabumi, Kab Cianjur, Kab Purwakarta, Kab Bandung Barat, Kota Cimahi, Kab dan Kota Bandung, Kab Garut, Kab dan Kota Tasikmalaya, Kab Ciamis, Kota Banjar.

Menuju siang dan sore hari (13.00 – 19.00 WIB) berpotensi hujan sedang hingga lebat disebagian wilayah Kota Depok, Kab dan Kota Bogor, Kab dan Kota Sukabumi, Kab Cianjur, Kab Purwakarta, Kab dan Kota Bekasi, Kab Karawang, Kab Subang, Kab Bandung Barat, Kota Cimahi, Kab dan Kota Bandung, Kab Garut, Kab Sumedang, Kab Majalengka, Kab Kuningan, Kab Majalengka, Kab dan Kota Tasikmalaya.

Potensi hujan ringan hingga sedang di sebagian wilayah  Kab Indramayu, Kab Ciamis dan Kota Banjar

Pada malam hari (19.00-01.00 WIB) diprediksi masih terjadi hujan ringan-sedang di sebagian wilayah Kota Depok, Kab dan Kota Bogor, Kab dan Kota Sukabumi, Kab Cianjur, Kab Karawang, Kab Purwakarta, Kab Subang, Kab Bandung Barat, Kota Cimahi, Kab dan Kota Bandung, Kab Garut.

Baca Juga: [WANSUS] Mengerikan! Ancaman Cuaca Ekstrem 2100 Menurut Ramalan BMKG 

3. Waspada hujan lebat disertai petir di Jatim

Prediksi Cuaca H-3 Lebaran: Jakarta Berawan, Jabar-Jatim Hujan Ilustrasi Suasana Hujan di Perkotaan (IDN Times/Besse Fadhilah)

Sementara itu, cuaca di Jawa Timur pada siang-sore hari (13.00-19.00 WIB) diprediksi akan terjadi hujan intensitas sedang-lebat disertai petir dan angin kencang.

Beberapa daerah yang harus diwaspadai adalah Kab. Mojokerto, Lamongan, Bojonegoro, Nganjuk, Kab. Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang dan Situbondo.

Pada malam hari diprediksi terjadi wilayah Jombang dan Banyuwangi.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya