PSI Jakarta Dukung Heru Budi Gantikan Anies Jadi Penjabat Gubernur DKI

Ada tiga alasan Heru dinilai cocok jadi Pj Gubernur DKI

Jakarta, IDN Times — Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DKI Jakarta Michael Victor Sianipar mengatakan, pihaknya ikut menjagokan Heru Budi Hartono sebagai Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta.

Heru Budi Hartono sebelumnya termasuk tokoh yang diusulkan DPRD DKI untuk maju sebagai Pj menggantikan Anies Baswedan, yang habis masa jabatan pada Oktober mendatang.

“Sebagai bentuk keseriusan dan kepedulian penuh kami terhadap Provinsi DKI Jakarta, kami mendukung penuh Heru Budi Hartono sebagai calon Pj Gubernur yang diusulkan dari Fraksi PSI," kata Michael dalam keterangan tertulis, Rabu (14/9/2022).

Baca Juga: Digadang-gadang Jadi Pj Gubernur Pengganti Anies, Ini Kata Heru Budi

1. PSI Jakarta dukung Heru Budi Hartono

PSI Jakarta Dukung Heru Budi Gantikan Anies Jadi Penjabat Gubernur DKIGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat berolah raga di rumah dinasnya di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (3/12/2020). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Michael menjelaskan, setiap fraksi wajib mengajukan tiga nama calon Pj Gubernur untuk dibahas menjadi usulan murni DPRD DKI. Fraksi PSI, kata Michael, menjagokan Heru Budi Hartono namun tetap mengisi dua nama lainnya.

Kendati begitu, Michael tak menyebut siapa dua tokoh lainnya yang dia usulkan.

“Kami ikuti aturan Rapimgab. Kalau memang harus tulis tiga nama, kami tetap tulis tiga nama. Tapi perlu saya pertegas bahwa dukungan PSI sepenuhnya untuk Pak Heru. Bagi kami, Pak Heru harga mati untuk memimpin DKI Jakarta dari pilihan yang ada,” tambah Michael.

2. Heru Budi Hartono punya banyak pengalaman

PSI Jakarta Dukung Heru Budi Gantikan Anies Jadi Penjabat Gubernur DKIKepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono. (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Michael merinci mengapa fraksinya menjagokan Heru Budi Hartono, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Sekretariat Presiden.

Menurutnya, ada tiga alasan mengapa PSI memilih Heru. Pertama, karena memiliki pengalaman di pemerintahan Jakarta.

“Pernah menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Utara dan Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah. Pak Heru sangat memahami seluk beluk problema DKI Jakarta, mampu mengelola anggaran agar tepat sasaran,” ujarnya.

Alasan kedua, sambung Michael, karena pihaknya yakin Heru bisa mengoptimalisasi target RPJMD yang selama ini sulit dipenuhi Jakarta.

"Pak Heru orang yang sangat dan paling dipercaya Presiden Jokowi bahkan sejak Pak Jokowi di Jakarta. Sebagai Kasetpres, Pak Heru tahu seluruh jadwal kegiatan Presiden, paham prioritas Presiden, dan hafal betul visi dan pemikiran Presiden," ucap Michael.

3. Heru diyakini bisa lobi pemerintah pusat saat ibu kota pindah ke Kaltim

PSI Jakarta Dukung Heru Budi Gantikan Anies Jadi Penjabat Gubernur DKIHeru Budi Hartono (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)

Alasan ketiga di balik dukungan PSI Jakarta terhadap Heru adalah konteks transisi Jakarta yang tidak lama lagi akan kehilangan status Ibu Kota Negara (IKN).

Sebagai Pj Gubernur yang dekat dengan pusat, kata Michael, Heru diyakini akan mampu melobi dan meyakinkan pemerintah pusat agar kebutuhan transisi Jakarta tersebut berjalan mulus dan tidak merugikan Jakarta.

“Tugas terbesar Pj Gubernur adalah mempersiapkan transisi Jakarta saat tidak lagi menjadi ibu kota. Jangan sampai Jakarta kemudian dilupakan dan dianaktirikan pemerintah pusat. Arah pembangunan Jakarta pasca-pemindahan ibu kota harus disusun dari sekarang, dan harus ada komitmen dukungan pusat. Pak Heru sosok paling tepat menjembatani transisi IKN ini," jelas Michael.

Baca Juga: Gerindra Setuju Jika Heru Budi Jadi Pj Gubernur DKI Pengganti Anies

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya