Puan Hadiri Penyerahan Rumah Korban Gempa Cianjur: Jangan Dijual Ya! 

Puan hadiri penyerahan rumah untuk korban gempa Cianjur

Jakarta, IDN Times - Ketua DPR RI, Puan Maharani, menghadiri acara penyerahan rumah hunian secara simbolis bagi korban gempa Cianjur. Puan berpesan kepada korban gempa yang mendapatkan rumah, agar tidak memperjualbelikan rumah tersebut. 

Saat menyerahkan rumah bantuan hunian kepada warga bernama Ujang Mahmudin, Puan sempat mengecek ke bagian dalam rumah untuk melihat tempat tidur, dapur, hingga kran air.

1. Puan titip pesan tak rumah tidak diperjualbelikan

Puan Hadiri Penyerahan Rumah Korban Gempa Cianjur: Jangan Dijual Ya! Ketua DPR RI Puan Maharani saat mengunjungi pemberian rumah hunian untuk korban gempa Cianjur. (Dok/DPR RI)

Kepada warga yang mendapat rumah hunia, Puan berpesan untuk merawat rumah tersebut. Dia juga meminta warga menghubunginya jika ada pihak-pihak yang mengusir warga.

"Ini rumah buat bapak. Rumah sendiri, jadi nanti kalau Pak Ujang ‘diusir’ setelah saya pergi, bilang sama saya. Tapi ingat, rumah ini tidak bisa diperjualbelikan,” kata Puan, dalam keterangan tertulis, Rabu (1/3/2023).

Baca Juga: Rumah buat Korban Gempa Cianjur Ditarget Rampung Sebelum Lebaran

2. Puan minta realisasi bantuan rumah segera terselesaikan

Puan Hadiri Penyerahan Rumah Korban Gempa Cianjur: Jangan Dijual Ya! Dampak gempa mag 5.6 di Cianjur pada Senin (21/11/2022). (twitter.com/merapi_uncover)

Puan lalu menyoroti pencairan bantuan rumah warga terdampak bencana gempa yang terjadi pada akhir 2022. Penyaluran relokasi terhambat karena sistem administrasi dan verifikasi lapangan yang ketat, mengingat daerah tersebut merupakan lokasi paling terdampak gempa.

Ketua DPP PDIP itu meminta agar realisasi bantuan rumah atau hunian bagi korban gempa dapat secepat mungkin direalisasikan. Apalagi, kata Puan, saat ini musim hujan.

“Hunian tetap agar segera bisa dihuni oleh warga setelah penyerahan kunci, karena musim hujan,” tuturnya.

Baca Juga: Manuver Puan Taklukkan Jawa Barat Jelang 2024, Puan Presiden Bergema

3. Puan klaim akan terus kawal pemberian rumah bagi korban gempa

Puan Hadiri Penyerahan Rumah Korban Gempa Cianjur: Jangan Dijual Ya! RSUD Cianjur dipenuhi oleh korban gempa. (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Puan mengaku siap memperjuangkan agar masyarakat terdampak gempa yang rumahnya rusak dan kini tinggal ditenda, bisa segera mendapat bantuan hunian sebelum Idul Fitri.

“Saya akan doromg agar sebelum lebaran para korban sudah tinggal di rumah, minimal hunian sementara, bukan di tenda. Saya akan dorong agar para korban gempa bisa Lebaran di rumah, bukan di tenda,” kata dia.

Baca Juga: Puan Maharani Sebut Capres 2024 dari PDIP Sudah di Kantong Megawati

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya